Waspadai Gejala Awal penyakit Leukimia Pada Anak

Posted on

Hampir 90% Penyakit leukimia rata-rata diderita oleh kebanyakan orang dewasa tetapi penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja bahkan anak-anak diantaranya sudah memasuki stadium lanjut, gejala awal penyakit leukimia pada anak sangat sulit terdeteksi karena anak biasanya belum bisa menceritakan nyeri yang dialaminya sehingga disini peran orang tua sangatlah penting.

Mengetahui gejala sakit yang diderita sang buah hati sehingga dapat terdeteksi lebih dini dan tingkat kesembuhan menjadi peluang sangat besar, lekumia dalam bahasa yunani disebut “Leukos” yang artinya putih dan “Aima” yang artinya darah atau orang mengenalnya dengan sebutan kanker darah.

Leukimia adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang, leukimia juga dapat mempengaruhi produksi dan fungsi sel-sel darah putih (leukosit) dalam melawan infeksi. Terjadinya penyakit leukimia disebabkan banyaknya sel darah putih yang berlebihan dibandingkan sel darah merah sehingga proses pembentukan sel darahnya tidak normal didalam tubuh.

Jenis leukimia pada anak

Waspadai Gejala Awal penyakit Leukimia Pada Anak

1. Leukimia limfotik akut

Leukimia limfotik akut atau disebut juga acute lymphocytic leukimia ( ALL ) jenis kanker darah ini yang sering menyerang anak-anak, sel kanker ini akan menghambat fungsi limfosit didalam tubuh sehingga penderita akan mengalami infeksi yang serius.

2. Leukimia limfotik kronis

Jenis leukimia ini juga disebut chronic leukimia lymphocytic ( CLL ) umumnya jenis kanker ini terjadi pada orang dewasa yang sudah berusia lanjut, mayoritas penderita leukimia limfotik kronis adalah pria. Gejala kanker ini tidak dapat dirasakan pada stadium awal biasanya penderita baru bisa merasakan gejalanya dan terdeteksi saat masuk stadium lanjut.

3. Leukimia mielogen akut

Leukimia mielogen akut atau disebut juga acute myelogenous leukimia ( AML ) dimana sel kanker menyerang sel myeloid, jadi pembentukan sel myeloid tidak akan sempurna sehingga dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga anak-anak yang menderita leukimia mielogen akut ini akan mengalami penyakit komplikasi akibat jenis kanker ini.

4. Leukimia mielogen kronis

Jenis leukimia ini juga disebut chronic myelogenous leukimia ( CML ) penderita leukimia jenis ini sebagian besar adalah orang dewasa, kanker ini berlangsung cukup lama dan baru disadari saat kanker sudah cukup parah, pada tahap pertama sel-sel abnormal berkembang secara perlahan, dan tahap kedua jumlah sel abnormal akan bertambah dengan pesat danjumlah sel darah sehat akan menurun drastis sehingga penderita akan mengalami penurunan kondisi kesehatan.

baca juga: syarat untuk donor darah

Meski penyakit ini terbilang mematikan tetapi banyak sebagian orang bertanya apakah leukimia pada anak bisa sembuh?, sebelum terlambat maka anda harus mengetahui apa saja ciri atau gejala leukimia pada anak-anak sebelum memasuki leaukimia stadium 4.

Dibawah ini ada beberapa gejala awal penyakit leukimia pada anak:

Gejala awal penyakit leukimia pada anak

  • Sesak nafas
  • Batuk
  • Mudah berdarah atau memar
  • kelelahan atau kulit pucat
  • infeksi dan demam
  • kelelahan ekstrem atau kelemahan
  • Nafsu makan menurun
  • Anemia

Demikianlah informasi mengenai gejala awal penyakit Leukimia pada anak semoga keluarga kita dijauhkan dari tanda tanda diatas dan apabila ada maka sebagai orangtua kita dapat mengenali tanda tandanya sehingga dapat mendeteksi lebih dini dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengambil langkah selanjutnya

Leave a Reply