Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

Posted on

Curug Cimahi atau Curug Pelangi dikenal karena air terjun (Curug dalam bahasa Sunda) tersebut dapat mengeluarkan warna. Sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Cimahi Bandung yang layak untuk kamu kunjungi.

Curug Pelangi Cimahi memiliki luas area sekitar 25,75 hektare yang dikelola Perhutani Bandung Utara, tepatnya di BKPH Lembang, RPH Cisarua, KPH Bandung Utara. Sebenarnya tempat wisata di Cimahi ini sudah lama ada dan dibuka untuk umum pada tahun 1992.

Warna warni air Curug Pelangi berasal dari rangkaian lampu yang dipasang oleh pengelola yang dibuat pada tahun 2014. Hal inilah yang membuat Curug Cimahi menjadi populer setelah beberapa pengunjung yang datang mengunggah keindahan Rainbow Wateralls Bandung di Internet.

Yang membedakan Curug tersebut dengan Curug lain di sekitar Bandung Barat yaitu lokasi Curug Cimahi yang mudah dijangkau karena berada disamping jalan utama. Selain itu Curug Pelangi mungkin satu satunya air terjun yang dibuka sampai malam hari.

Tiket masuk Curug Cimahi 2016 adalah sebesar 15.000 untuk wisatawan lokal dan 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Dengan harga tiket flat artinya weekdays dan weekend tetap 15.000 menambah daftar tempat wisata murah di Bandung Jawa Barat.

Dimana alamat Curug Pelangi Cimahi?

Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

Tempat wisata di Cimahi ini terletak di Desa Kertawangi, Kecamatam Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, atau tepatnya berada disebelah terminal Tipe C Cisarua Cimahi. Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 71 meter dan dapat ditempuh dari pusat kota Cimahi dengan menggunakan motor, mobil ataupun bis.

Rute Curug Cimahi

Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

  • Untuk yang dari arah kota Bandung dapat melalui jalur yang Parongpong persisnya setelah RS. Cibabat dikanan ada jalan menuju Cihanjuang menuju Parongpong. Ikuti saja sampai habis kemudian setelah ada Universitas Advent belok kiri menuju ke arah Cimahi. Setelah melewati kawasan wisata Ciwangun Indah Camp (CIC) dan jembatan itulah lokasi Curug Pelangi Cimahi.
  • Sementara untuk pengunjung dari arah Jakarta yang menggunakan mobil bisa keluar pintu tol Baros menuju rute yang pertama. Jika keluar tol Padalarang silahkan menuju pusat kota Cimahi. Ketika menemukan POS Polisi yang kedua belok kiri menuju jalan Kolonel Masturi menuju arah Rumah Sakit Jiwa Cisarua. Nanti akan menemukan objek wisata di Cimahi lain yaitu Dusun Bambu, kurang lebih sekitar 1 KM akan sampai di lokasi Curug Cimahi yang berada di sebelah kanan.

Fasilitas di Curug Pelangi

Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

  • Tempat parkir motor bisa di dekat pintu masuk dan kendaraan roda empat bisa parkir di terminal Cisarua.
  • Mushola
  • Toilet
  • Dua deck view untuk mengambil foto
  • Paving Blok sampai air terjun

Untuk jam buka Curug pelangi Cimahi mulai jam 07.00 sd 21.00 WIB, tetapi bagi yang ingin menikmati gemuruh air Curug sebaiknya jangan datang terlalu sore karena selepas pukul 04.00 atau cuaca buruk pengunjung tidak diperkenankan turun sampai kebawah Curug.

Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

Tentu saja pengunjung yang ingin melihat warna warni Curug Pelangi dapat selfie atau mengambil gambar dari deck 1 atau 2. Menurut petugas jaga lampu mulai dinyalakan mulai pukul 17.00. Mungkin dahulu ada perbedaan harga tiket untuk 17.00 tiket naik menjadi 17.000 tetapi sekarang tetap sama yaitu 15.000 diluar tiket parkir sebesar 3.000.

Tempat wisata di Cimahi selain Curug pelangi itu sendiri ada Curug lain seperti Curug Penganten, Curug Bugbrug, Dusun Bambu dan Ciwangun Indah Camp yang layak untuk dikunjungi. Baiklah itulah pengalaman saya mengunjungi Curug Pelangi Cimahi yang diresmikan Kepala Perum Perhutani Divre Jabar & Banten yaitu Ir. Ellan Barlian MM, pada hari Kamis 16 Oktober 2014.

Kesimpulan: Lampu air terjun mulai dinyalakan pada pukul 17.00 sebaiknya jangan menenteng makanan karena masih banyak kera ekor panjang disekitar Curug walaupun jinak. Untuk menuju lokasi Curug bisa menggunakan angkutan umum. Pengunjung juga bisa langsung melanjutkan ke tempat wisata di Lembang karena jaraknya yang sudah dekat dari lokasi.

3 thoughts on “Warna Warni Air Curug Pelangi Jadi Tempat Wisata di Cimahi Yang Unik

  1. Wisata Curug Cimahi benar” bikin greget pengen kesana, pemandangannya yg indah bikin wisatawan jadi kepingin berburu foto disana
    thanks ya min buat infonya

Leave a Reply