Ternyata Ini Penyebab Keputihan Menjadi Gatal Dan Berbau Tidak Sedap

Posted on

Penyebab keputihan gatal dan bau-Keputihan merupakan masalah yang umum terjadi pada setiap wanita bahkan ibu hamil juga bisa mengalami keputihan, tentunya kondisi ini dianggap wajar dan normal. Ketika seorang wanita yang sedang mengalami keputihan akan mengeluarkan cairan berupa lendir dari organ intim wanitanya, lendir tersebut diproduksi oleh kelenjar dalam leher rahim dan akan keluar membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga organ intim akan tetap bersih.

Pada dasarnya keputihan dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu keputihan normal (fisiologis) adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi ataupun pada saat masa subur. Sedangkan keputihan abnormal (patologis) adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi yang biasanya diikuti rasa gatal didalam organ intim wanita dan bibir daerah kewanitaan bagian luar.

Lendir yang normal pada saat keputihan umumnya berwarna bening atau keputih-putihan dan tidak berbau, biasanya tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah kewanitaan. Namun jika tanda yang muncul keputihan terasa gatal dan berbau kemungkinan besar kondisi ini merupakan keputihan yang tidak normal, maka kita harus mengetahui apa saja penyebab keputihan terasa gatal dan berbau.

Penyebab keputihan gatal dan berbau

Ternyata Ini Penyebab Keputihan Menjadi Gatal Dan Berbau Tidak Sedap

Ketika cairan yang keluar dari organ intim wanita sudah mengalami perubahan warna seperti putih susu, kehijauan dan keabuan hingga berbau disertai panas dan terasa gatal, kondisi tersebut menunjukkan keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi akibat jamur dan bakteri. Berikut ini penyebab keputihan gatal dan berbau yang harus diketahui meliputi;

1.Infeksi jamur

Penyebab keputihan gatal dan berbau karena adanya infeksi jamur pada organ intim wanita, yang mengakibatkan keputihan berwarna putih kental seperti tekstur keju yang lembut disertai rasa gatal dan sensasi panas seperti terbakar pada daerah organ intim. inilah beberapa faktor yang menyebabkan infeksi jamur antara lain

  • Stres
  • Diabetes
  • Penggunaan obat kontrasepsi
  • Kehamilan dan
  • Antibiotik

Sebenarnya keberadaan jamur pada organ intim wanita merupakan kondisi normal, namun ketika jamur berkembang dalam jumlah yang semakin banyak dan tidak terkendali, hal tersebut menandakan bahwa kondisi ini tidak normal dan menggangu pH murni pada organ intim wanita.

2. Infeksi bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis adalah adanya infeksi pada organ intim wanita yang disebabkan oleh bakteri anaerob yaitu bakteri jahat yang tidak seimbang, ketika terjadi bacterial vaginosis maka jumlah bakteri jahat akan lebih tinggi  sehingga menyebabkan bakteri baik lactobacilli menjadi kalah fungsinya.

Kondisi tersebut mempengaruhi keputihan menjadi tidak sehat serta mengakibatkan keputihan memiliki tekstur kental, berbau menyengat dan amis. Seperti yang diketahui penyebab utamanya adalah Perilaku seksual yang tidak baik, sering berhubungan seks dan berganti-ganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi bacterial vaginosis.

3.Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah terjadinya infeksi pada organ intim wanita yang disebabkan oleh protozoa (Organisme bersel tunggal) yang menyebabkan keputihan berwarna kuning kehijauan dan baunya menyengat. Selain itu terasa gatal, perih dan kulit meradang disekitar organ intim, penularan penyakit ini melalui kontak seksual dan handuk yang dipakai bergantian.

baca juga: buah obat keputihan

4. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul atau penyakit infeksi rahim bisa menjadi penyebab keputihan terasa gatal dan keputihan semakin memburuk serta mengeluarkan bau busuk, wanita yang terkena penyakit ini akan mengalami beberapa gejala seperti;

  • Sakit pada panggul, bagian abdominal atau pinggang
  • Keluarnya cairan dari daerah kewanitaan secara tidak normal
  • Pendarahan setelah hubungan seksual
  • Sering buang air kecil dan terasa nyeri
  • Kehilangan nafsu makan
  • Demam

5. Gonore dan klamidia

Keduanya termasuk penyakit menular seksual bisa menjadi salah satu penyebab keputihan gatal dan berbau, serta mengakibatkan keputihan menjadi berwarna kuning kehijau-hijauan dan kental.

6. Human papillomavirus ( HPV ) atau kanker serviks

Penyakit ini juga bisa menyebabkan keputihan gatal dan mengeluarkan aroma tidak sedap atau berbau, karena akibat dari infeksi human papillomavirus ( HPV ) yang memicu terjadinya kanker serviks. Penderita penyakit ini selain keputihan yang terasa gatal juga keputihan berwarna coklat dan berbau tidak enak terkadang disertai dengan pendarahan.

Memang keputihan itu sangat mengganggu, apalagi keputihan yang disertai gatal dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, tentunya akan membuat kita merasa khawatir. Dengan melakukan hidup sehat seperti sering mencuci organ intim dan sering mengganti pakaian dalam, merupakan cara agar terhindar penyebab keputihan. Jika keputihan terus berlanjut, maka dianjurkan segera konsultasi kepada dokter agar keputihan tidak semakin parah.

Leave a Reply