Tahukah Anda Bahaya Memakai Softlens Minus?

Posted on

Bahaya memakai softlens minus – softlens atau lensa kontak merupakan sebuah alat yang di gunakan untuk membantu pasien yang mempunyai masalah pada penglihatan sebagai pengganti kacamata. Penggunaan softlens biasanya digunakan dengan cara memasangkan langsung pada bola mata lebih tepatnya kornea mata, softlens sendiri terbuat dari plastik yang mengandung air.

Pada zaman modern ini banyak sebagian orang menggunakan softlens bukan hanya untuk membantu penglihatan saja, tetapi juga digunakan sebagai gaya hidup dalam kecantikan hanya untuk terlihat lebih style tanpa mengetahui bahaya memakai softlens minus maupun softlens normal.

Berbagai masalah akan muncul pada mata jika kita salah memilih, menggunakan ataupun merawat kontak lensa. Dibawah ada beberapa akibat yang kurang baik pada mata baik itu gangguan ringan sampai dengan yang akan berakibat fatal pada organ penglihatan.

Bahaya memakai softlens

Tahukah Anda Bahaya Memakai Softlens Minus?

1. Infeksi pada mata

Masalah yang pertama adalah infeksi pada mata, mata merupakan organ tubuh yang sangat rentan. Infeksi pada mata ini biasanya berupa iritasi dan sering terjadi hampir pada seluruh pengguna softlens, karena adanya infeksi maka akan menimbulkan bekas luka di kornea mata dan menyebabkan rasa gatal bahkan mata terasa seperti terbakar.

2. Bentuk bola mata berubah

Penggunaan softlens dalam waktu jangka yang lama akan mengakibatkan lensa melekat erat pada kornea mata dan menyebabkan bentuk bola mata berubah menyerupai bentuk softlens yang digunakan. Mengingat setelah berkali-kali penggunaan lensa kontak, lensa kontak bentuknya akan berubah ketika digunakan kembali lensa tersebut maka bisa menimbulkan masalah berubahnya bentuk bola mata.

3. Konjungtivitis

Bahaya softlens berikutnya yaitu terjadinya konjungtivitis, penyakit ini merupakan munculnya peradangan di konjungtiva yang diakibatkan oleh bakteri ataupun virus yang ada pada lensa kontak tersebut, Bisa juga akibat tangan kamu dipenuhi kuman dan bakteri. Peradangan yang terjadi ada diselaput lendir mata, mata akan bengkak bahkan bisa mengakibatkan kerusakan kornea mata.

Adapun gejala utama pada penderita penyakit ini contohnya terasa ada yang menganjal seperti kemasukan benda asing di area mata, lalu sekitar mata terasa sakit, mata bengkak dan munculnya rasa gatal.

4. Katarak

Siapa sangka softlens juga bisa mengakibatkan mata menjadi katarak, dikarenakan lensa kontak tersebut bisa melukai kornea mata sehingga kinerja kornea akan terganggu. Orang yang menggunakan softlens beresiko memicu terkena katarak lebih besar, gejala katarak adalah si penderita akan merasa silau dan pusing sesaat bahkan tidak bisa melihat selama beberapa detik,  jika malam hari melihat cahaya lampu maupun sinar matahari di siang hari.

baca juga: bahaya gorengan tanpa disadari

5. Kebutaan

Masalah terparah dari penggunaan softlens adalah kebutaan, perlu kita ketahui pengguna softles harus menghindari api maupun asap dari api tersebut, Karena pernah ada kasus dimana cairan plastik softlens meleleh karena panas dari asap pembakaran dan menyebabkan cairan plastik softles merekat kencang dimata sehingga sulit untuk dilepaskan.

Apabila Anda ingin menggunakan softlens di banding kaca mata minus, sebelum salah memilih  kontak lensa, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis mata. Softlens minus yang bagus dan ukuran untuk mata kita agar terhindar dari beberapa resiko akibat penggunaan softles tersebut.

Padahal penggunaan kacamata sebenarnya lebih aman digunakan dibanding kontak lensa, demikianlah informasi tentang bahaya memakai softlens minus.

Leave a Reply