Perawatan Gigi Secara Rutin Untuk Kesehatan Gigi Lebih Lama

Posted on

Pentingnya melakukan perawatan gigi secara rutin masih belum banyak dipahami oleh masyarakat di Indonesia. Kebanyakan mereka hanya datang ke dokter gigi jika sudah mengalami masalah pada kesehatan giginya. Padahal jika rajin melakukan perawatan secara berkala berbagai masalah gigi dan mulut bisa diminimalisasi dengan baik.

Sehingga anda tidak perlu sampai merasakan sakit gigi atau masalah mulut lainnya yang tentunya akan mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika anda sudah terbiasa untuk melakukan perawatan gigi secara rutin dan berkala maka akan ada banyak manfaat yang didapatkan.

Bahkan manfaat tersebut dapat berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak hanya di sekitar gigi dan mulut. Anda tidak akan menyangka bahwa manfaat melakukan perawatan maksimal di bagian gigi dan mulut bisa memberikan konstribusi besar untuk kesehatan tubuh secara mendalam.

Jika gigi kita sehat tentu saja ketika senyum atau tertawa akan enak dilihat sehingga akan menambah rasa percaya diri ketika bergaul dan berinteraksi dengan orang lain.

Berikut beberapa manfaat perawatan gigi rutin untuk kesehatan tubuh anda

  • Ibu hamil yang rajin menjaga kesehatan gigi maka akan menurunkan adanya resiko kelahiran prematur hingga berat bayi lahir rendah. Meskipun terdengar tidak berhubungan tetapi hal tersebut memang bisa saja terjadi dalam dunia medis.
  • Meminimalisasi resiko terjadinya impotensi pada pria karena bagi penderita radang gusi cukup banyak yang mengalami penyakit tersebut dengan tingkat keparahan yang berbeda.
  • Mengurangi resiko terkena penyakit jantung terutama bagi para lansia yang lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskuler ini.
  • Masalah radang gusi juga bisa meningkatkan kepikunan pada lansia yang tidak menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.
  • Mengurangi terjadinya masalah radang paru-paru yang disebabkan oleh masuknya bakteri di bagian mulut ke paru-paru. Masalah paru-paru yang sering terjadi adalah pneumonia dan penyakit paru obstruktif.
  • Adanya pengurangan resiko penyakit jantung juga bisa berkaitan dengan resiko penyakit stroke. Penelitian yang menyebutkan mengenai hal tersebut terutama ditujukan untuk para lansia.

Mengenal Jenis Perawatan Gigi yang Sebaiknya Dilakukan

Perawatan Gigi Secara Rutin Untuk Kesehatan Gigi Lebih Lama

Sebagaimana kebiasaan orang Indonesia yang baru datang ke dokter jika sudah mengalami sakit, maka tidak banyak orang tau perawatan gigi apa saja yang sebaiknya dilakukan. Dengan memahami jenis perawatannya maka akan lebih mudah bagi anda untuk menggunakannya dan meminimalisasi berbagai resiko masalah pada gigi dan mulut. Berikut beberapa jenis perawatan yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Pemasangan kawat gigi terkadang memang diperlukan untuk memperbaiki posisi rahang dan alasan kesehatan gigi lainnya. Sehingga penggunaan kawat gigi tidak hanya untuk memperbaiki estetika bentuk gigi tetapi juga untuk mengurangi resiko penyakit pada gusi.
  • Scaling adalah proses yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi, partikel makanan dan mencegah terjadinya perubahan warna pada gigi. Dengan begitu anda bisa meminimalisasi terjadinya gingivitis atau pembengkakan gusi akibat partikel makanan yang tidak dibersihkan hingga pengeroposan gigi.
  • Polishing digunakan untuk menghilangkan noda yang menempel di permukaan gigi dan mencerahkan kembali warnanya. Biasanya polishing ini akan dilakukan setelah scaling sehingga hasilnya akan menjadi semakin maksimal untuk membuat gigi anda terlihat bersih dan cantik. Jika ingin melakukan perawatan pemutihan gigi lebih lanjut maka disarankan menggunakan metode bleaching.

Tentu untuk mengetahui metode perawatan apa yang harus dilakukan untuk gigi anda harus dikonsultasikan lebih dulu dengan ahli atau dokter gigi anda. Hal tersebut akan membantu untuk mengetahui terlebih dahulu masalah yang ada untuk kemudian diatasi dengan berbagai metode yang dimiliki oleh dokter gigi tersebut.

Melakukan pengecekan secara berkala dibarengi dengan perawatan secara mandiri akan membuat gigi anda tetap terjaga kesehatan serta kekuatannya. Sehingga tidak akan terjadi penyakit pada gigi dan mulut hingga pengeroposan gigi terutama di masa tua.

Melakukan pemeriksanaan kesehatan gigi dan mulut secara berkala memang harus dilakukan sejak dini agar pencegahannya bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu masalah pada gigi dan mulut juga bisa diketahui serta diatasi lebih cepat dengan membiasakan diri melakukan pemeriksaan rutin ke dokter yang dipercaya. Sehingga anda bisa menikmati konsumsi apapun dengan gigi tetap sehat melalui perawatan gigi yang maksimal dan rutin.

Leave a Reply