Penyebab dan Cara Merawat Gigi Kuning Jadi Putih Kembali

Posted on

Merawat gigi kuning tentu harus dilakukan, khususnya bagi orang – orang yang bermasalah dengan warna giginya.
Gigi merupakan salah satu hal yang sangat harus diperhatikan. Baik dari segi kesehatan maupun dari tampilannya. Tak dapat dipungkiri bahwa gigi yang putih dan bersih akan membuat seseorang menjadi lebih menarik.

Sayangnya tak semua orang memiliki warna gigi yang putih. Sebagian orang memiliki gigi yang berwarna kuning dan bahkan kecoklatan. Gigi yang berwarna kuning tersebut tentu akan mengganggu penampilan seseorang. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari hal – hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Banyak orang yang tak menyadari bahwa telah terjadi perubahan warna pada giginya. Hal tersebut patut disayangkan, karena gigi menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kesan pertama seseorang. Kebiasaan yang kita lakukan sehari – hari sangat berpengaruh terhadap warna gigi.

Penyebab Gigi Kuning

Untuk menghindari warna gigi kita menjadi kuning, kita harus mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat mempengaruhi warna gigi.

Penyebab dan Cara Merawat Gigi Kuning Jadi Putih Kembali

  • Mengonsumsi wine
    Wine merupakan minuman yang mengandung tanin dan juga kromogen. Kedua kandungan tersebut akan sangat mudah meninggalkan noda pada gigi dan akhirnya merubah warna dari gigi itu sendiri.
  • Mengonsumsi teh
    Teh memiliki kandungan kromogen yang juga tinggi. Bahkan kandungan kromogen pada teh hitam lebih tinggi dibanding dengan kandungan kromogen pada kopi. Tak heran jika orang yang menjadikan teh sebagai bagian dari kebiasaannya sehari – hari memiliki warna gigi yang kekuningan.
  • Mengonkomsumsi minuman bersoda
    Minuman bersoda memiliki sfat asam yang tentu saja akan merusak lapisan gigi. Ditambah lagi dengan kandungan kromogennya yang cukup tinggi, akan dengan mudah merubah warna gigi menjadi kuning.
  • Mengonsumsi buah tertentu
    Banyak yang belum mengetahui bahwa konsumsi beberapa jenis buah dapat mempengaruhi warna gigi. Buah buahan berwarna terang seperti blueberry dan cranberry akan membuat timbulnya noda pada gigi.
  •  Merokok
    Anda tentu tahu bahwa rokok memiliki efek yang buruk bagi kesehatan, termasuk juga kesehatan gigi dan mulut. Rokok mengandung tembakau dan juga tar yang akan dengan mudah membuat gigi menjadi kuning kecoklatan.
  • Jarang membersihkan gigi
    Jarang membersihkan gigi menjadi salah satu kebiasaan yang membuat gigi menjadi kuning. Setelah mengonsumsi makanan atau minuman disarankan untuk membersihkan gigi, baik dengan menggosok gigi atau menggunakan dental floss.

Cara mengatasi gigi Kuning

Untuk mencegah gigi berubah warna ada baiknya kita mulai merubah kebiasaan. Berikut beberapa cara mencegah berubahnya warna gigi:

  • Kurangi konsumsi minuman – minuman penyebab gigi kuning
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa jenis minuman memberikan kontribusi atas berubahnya warna gigi menjadi kekuningan. Untuk itu kita harus menghindari atau setidaknnya mengurangi konsumsi minuman – minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning, seperti teh, kopi, wine dan juga minuman bersoda.
    Dengan mengurangi konsumsi minuman – minuman tersebut, kita tak hanya dapat menghindari gigi kuning namun juga dapat mencegah kerusakan pada gigi dan gusi.
  • Bersihkan gigi dengan teratur
    Untuk memiliki gigi yang putih dan sehat, tentu kita harus rajin membersihkan gigi. Dengan rajin membersihkan gigi maka sisa makanan dan juga noda dari berbagai jenis minuman dapat segera dihilangkan. Membersihkan gigi secara teratur akan memberikan kita berbagai keuntungan. Selain gigi menjadi tetap putih, kita juga akan terhindar dari berbagai bakteri penyebab gangguan gigi dan mulut.
  •  Konsumsi buah dan sayur
    Mengonsumsi buah dan sayur akan memberikan dampak yang sangat baik bagi gigi dan mulut. Serat yang ada pada buah dan sayur akan membersihkan sisa makanan pada gigi.
    Buah yang sangat baik untuk menjaga warna gigi anda adalah apel. Apel memiliki manfaat yang sama seperti menggosok gigi. Dengan rajin memakan buah apel maka gigi anda akan terjaga warnanya. Selain itu buah apel juga dapat mencegah berkembangnya bakteri yang dapat merusak gigi kita.

Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami perubahan warna pada gigi anda dapat melakukan perawatan di dokter gigi. Dokter gigi menyediakan perawatan khusus untuk gigi kuning, antara lain dengan cara mewarnai gigi atau membuat lapisan khusus agar gigi tampak lebih putih.
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai hal – hal yang dapat merubah warna gigi dan juga cara merawat gigi kuning.

Leave a Reply