Pengalaman Pribadi Agar ASI Lancar Sebelum Melahirkan

Posted on

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan atau kurang lebih 2 tahun merupakan dambaan setiap ibu yang baru melahirkan, Namun terkadang tidak semua ibu mempunyai produksi ASI yang melimpah. Seperti pengalaman saya pada anak yang pertama tidak di berikan ASI karena air susu cenderung  sedikit yang keluar.

Sehingga diberikan pengganti ASI yaitu susu formula, pada anak kedua saya bertekad ingin memberikan ASI, ternyata agar ASI lancar sebelum melahirkan mudah sekali salah satunya dengan cara sering membersihkan kepala puting payudara pada saat mandi, sering berolahraga  dan menjaga pola makan.

Dibawah saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana agar ASI banyak dan kental, terutama bagi ibu muda yang pertama kali akan melakukan persalinan.

Tips Agar ASI Lancar Sebelum Melahirkan

Pengalaman Pribadi Agar ASI Lancar Sebelum Melahirkan

  1. Kompres payudara dengan menggunakan air hangat kemudian pijat dengan lembut dari atas kebawah, samping kiri dan kanan lakukan secara berulang kali sampai payudara tidak terasa mengumpal
  2. Rajin mengkomsumsi sayuran hijau seperti daun katuk, bayam dll
  3. Tidak lupa meminum air putih yang banyak.

Beberapa Jenis Makanan Yang Memperbanyak ASI

Pepaya

Buah pepaya dipercaya kaya akan  nutrisi yang tinggi seperti vitamin A, vitamin C dan memiliki mineral penting yang di butuhkan oleh tubuh, Selain untuk mempelancar asi buah pepaya juga bisa melncarkan pencernaan terutama bagi ibu hamil yang sembelit. kemudian daun pepaya mengandung zat yang dapat mengaktifkan reseftor hormon menyusui sehingga akan meningkatkan produksi ASI.

Daun  Katuk

Mengkonsumsi daun katuk selama kehamilan dapat menjadi solusi jika ASi kurang karena mempunyai kandungan mineral, vitamin, kalsium dll, Daun katuk memiliki kandungan vitamin C lebih kuat dari pada buah jeruk.

Kacang-kacangan

Untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang-kacangan  seperti kacang merah dan kacang polong karena mamfaat kacang-kacangan untuk ibu menyusui dapat membantu produksi ASI, kacang-kacangan dapat memberikan energi dan nutrisi yang cukup untuk ibu menyusui.

Ikan Salmon

Mengkonsumsi ikan salmon dapat meningkatkan nutrisi penting dalam ASI, karena sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3 baik juga untuk pertumbuhan otak bayi dan mata ,omega 3 juga dapat menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan juga sistem kekebalan tubuh.

Bayam 

Bayam menggandung zat besi, kalsium,asam folat rendah kalori mkaya akan nutrisi  dapat membangun system kekebalan tubuh bayi agar kuat, sayur bayam juga dapat  melancarkan produksi ASI.

Pare

Seperti yang anda ketahui bahwa sayuran pare ini memiliki rasa yang sangat pahit tetapi di balik rasa yang pait itu pare menyimpan banyak mamfaat untuk ibu menyusui, sayuran pare mengandung vitamin k, likopen, fitokimia serta anti oksidan yang dapat memperpanyak ASI.

baca juga: khasiat dari beras hitam

OatMeal

Selain makanan ada juga cemilan pelancar ASI misalnya Oatmeal, cemilan ini mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi dan nutrisi  yang bisa memperbaiki kualitas ASI bisa juga menurunkan kadar kolestrol dan terhindari dari anemia pada ibu dan bayi .

Tips Memberikan ASI Pada Bayi Baru Lahir

Seperti kita ketahui bayi pertama kali lahir cenderung banyak tidur dan belum cukup terlatih  sehingga kesulitan  untuk menyusui, untuk pertama kali jangan di berikan dot atau susu formula kecuali ada keadaan khusus seperti bayi kuning.

Sebaiknya ibu menyusui bersabar  jangan khawatir atau putus asa jika bayi belum bisa menyusui, karena bayi dapat bertahan selama tiga hari tanpa menyusu (konsultasikan kepada dokter atau bidan) tetapi pengalaman saya ketika di rumah sebelum ASI lancar keluar di berikan susu formula sedikit sambil terus berusaha memberikan ASI kepada mulut bayi agar bayi terlatih untuk menyusui.

Demikianlah pengalaman pribadi agar ASI lancar sebelum melahirkan, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: https://womantalk.com/parenting/articles

One thought on “Pengalaman Pribadi Agar ASI Lancar Sebelum Melahirkan

Leave a Reply