Melihat Indahnya Waduk Sermo Dari Menara Pandang Kalibiru

Posted on

Tempat wisata Kalibiru Kulon Progo mulai dikenal ketika pada tahun 2008 warga sekitar membangun secara swadaya, salah satu yang membuat terkenal adalah menara pandang kalibiru. Awalnya masyarakat setempat membangun jalan setapak yang diikuti fasilitas lain seperti sekarang.

Jika kamu ingin membuat foto yang instagramable tidak salah jika foto diatas menara pandang Kalibiru, hasil foto tersebut pasti bagus karena eksotisme pemandangan dibawah sungguh menakjubkan. Kamu juga dapat melihat indahnya Waduk Sermo dari menara.

Kalibiru menjadi destinasi wisata alam di Jogja yang posisinya berada dikawasan bukit Menoreh Yogyakarta, sebagian orang memanfaatkan Kalibiru sebagai tempat liburan karena ada beberapa penginapan dan ditunjang dengan cuaca yang sejuk.

Dengan ketinggian sekitar 450 mdpl Kalibiru merupakan tempat ideal untuk melihat view dibawah dengan latar Waduk Sermo yang terhampar indah. Untuk mencapai Kalibiru dari Daerah Istimewa Jogjakarta tidaklah sulit karana papan petunjuk arah cukup jelas.

Rute Kalibiru Kulon Progo dari Yogyakarta

Melihat Indahnya Waduk Sermo Dari Menara Pandang Kalibiru

Pengunjung tinggal mengikuti arah jalan yang akan menuju kota Wates, jalurnya dapat  melewati Jalan Wates, atau bisa juga melalui Jalan Godean. Nah Jika dari  dari kota Wates, ikuti jalan ke Waduk Sermo dari Jogja sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai di tujuan wisata Kalibiru

Hagrowilis kecamatan Kokap, Kulonprogo merupakan alamat lengkap Kalibiru  yang terletak di sebelah barat kota pelajar tersebut. Jalan yang menanjak merupakan tantangan tersendiri untuk sampai di Kalibiru, namun hal itu akan terbayar dengan melihat waduk sermo dari atas gardu pandang.

Fasilitas di Kalibiru

  • Tempat parkir yang luas
  • Gardu/menara pandang
  • Homestay
  • Outbound
  • Camping Ground
  • Kios makanan kecil
  • Toilet

Melihat Indahnya Waduk Sermo Dari Menara Pandang Kalibiru

Ketika admin kesana harga tiket masuk kalibiru kulon progo sebesar 3 ribu rupiah setiap orang belum termasuk 2 ribu rupiah untuk parkir motor dan 5 ribu bagi yang menggunakan mobil. Sebaiknya pergi ke Kalibiru ketika cuaca sedang bagus supaya dapat melihat indahnya pemandangan dibawah.

Bagi yang suka tantangan boleh mencoba arena flying fox di wisata alam Kalibiru dengan tarif 10 ribu rupiah, nah untuk dapat melihat waduk sermo dari gardu/menara pandang Kalibiru pengunjung dikenakan biaya sebesar 10 ribu, tentunya harus bergantian karena menara hanya mampu menampung tiga orang termasuk petugas menara.

2 thoughts on “Melihat Indahnya Waduk Sermo Dari Menara Pandang Kalibiru

  1. Hallo mbak. Wah… Aku tau tempat ini di Instagram. ada yang foto gitu. Cuman, gak disebutin nama tempatnya. Serius. Kalo Shoot Anglenya agak jauh dikit, pasti bakalan ketje badai deh…

    Suka banget sama tempatnya. Apalagi, fasilitasnya banyak gitu.. Wah.. kalo ada rezeki jalan ke sini ah….

Leave a Reply