Makanan Meningkatkan Jumlah Trombosit

Posted on

Trombosit adalah sel darah  yang berperan dalam pembekuan darah. Jumlah  trombosit yang normal  adalah 150  ribu sampai 450 ribu per mL darah.  Jika jumlah trombosit kurang dari itu, maka seseorang dapat dipastikan memiliki masalah dengan kesehatannya. Di antara masalah kekurangan trombosit antara lain adanya kanker, infeksi atau serangan demam berdarah.

Dalam kasus demam berdarah, jika jumlah trombosit dalam darah cukup rendah atau  sudah pada tingkat kritis, bisa menyebabkan pendarahan, baik saat buang air besar, ketika muntah atau mimisan. Hal ini karena trombosit yang merupakan salah satu faktor  pembekuan darah berkurang drastis. Kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa mengancam jiwa.

Makanan yang dapat meningkatkan trombosit

  • Vitamin C
    Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti  tomat, paprika, dan berbagai buah jeruk seperti jeruk dan lemon. Vitamin C memiliki peran kesehatan untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

gambar pepaya cakrawala sehat.com     gambar : cakrawalasehat.co.id

  • Antioksidan
    Selanjutnya, makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit adalah makanan yang mengandung antioksidan. Pepaya adalah salah satu dari makanan yang banyak mengandung antioksidan tinggi. Mengkonsumsi pepaya atau jus pepaya sangat dianjurkan untuk meningkatkan jumlah trombosit..
  • Kalsium
    Makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit adalah makanan yang mengandung kalsium. Sumber terbaik kalsium adalah susu, atau makanan yang terbuat dari susu seperti seperti keju.
  • Sayuran berdaun hijau
    Sayuran berdaun hijau yang sangat bagus untuk meningkatkan jumlah  trombosit Anda. Satu senyawa dalam sayuran hijau adalah vitamin K, vitamin K membantu dalam pembekuan sel darah merah, sehingga kerusakan sel yang disebabkan oleh virus tertentu bisa diatasi.

Mengkonsumsi makanan sumber dari vitamin dan antioksidan sangat membantu untuk dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Leave a Reply