Ketahui Dulu Cara Pembuatan Kopi Luwak Sebelum Anda Minum

Posted on

Pembuatan kopi luwak – Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi yang banyak di minati oleh para pencinta kopi, dari berbagai kalangan menyukai kopi yang satu ini. Kopi luwak merupakan kopi asli indonesia yang mempunyai aroma yang khas, serta rasanya yang sedikit pahit dan asam, di tambah biji kopi yang berkualitas terbaik yang dipilih luwak, membuat kopi luwak berbeda dengan jenis kopi lainya.

Bahkan cara pembuatan kopi luwak sangat unik melalui proses fermentasi pencernaan musang atau luwak, kemudian keluar bersama kotoran dan disortir, lalu diolah secara tradisional melalui tangan – tangan terampil para peracik kopi, membuat aroma dan citarasa kopi luwak menjadi nikmat dan alami kopi luwak asli.

Sehingga menjadikan kopi luwak termasuk salah satu jenis kopi termahal di dunia, walaupun harganya mahal kopi luwak memiliki penggemar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Lampung barat merupakan salah satu daerah penghasil biji kopi terbesar di Indonesia.

Cara pembuatan kopi luwak

Ketahui Dulu Cara Pembuatan Kopi Luwak Sebelum Anda Minum

1. Pemilihan biji kopi terbaik

Langkah pertama biji kopi yang berkualitas akan di petik dan dipilih khusus, hanyalah yang berwarna merah dan benar- benar segar tentunya. Setelah itu, buah yang telah dipilih akan direndam untuk menentukan buah yang layak untuk diolah ke proses selanjutnya.

2. Pemberian pakan

Buah kopi merah yang telah di sortir ini pun, di bagikan kedalam beberapa wadah untuk diberikan kepada para musang atau luwak. Dalam proses ini Luwak yang dipakai pun hanya jenis tertentu, peternakan di Lampung barat menggunakan musang atau luwak jenis binturong, yang memang merupakan jenis luwak pemakan kopi.

Luwak jenis binturong mempunyai indera penciuman yang tajam, sehingga mampu menyortir buah kopi yang memiliki tingkat kematangan yang sempurna dan luwak tersebut menyukai rasa manis dari buah kopi yang benar-benar matang, hingga akhirnya menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.

baca juga: kopi bisa jadi penyebab darah tinggi

3. Panen kopi luwak

Biji kopi yang benar-benar tertelan dan melewati proses fermentasi didalam lambung musang atau luwak, selanjutnya biji kopi tersebut akan di keluarkan kembali oleh musang bersamaan dengan kotoran luwak . Untuk menghasilkan biji kopi kering dengan melakukan penjemuran. Biji kopi yang masih berupa kotoran luwak di cuci terlebih dahulu agar benar-benar steril, Pencucian dilakukan dengan mencampurnya dengan tanah dan digoreng sebanyak 7 kali.

4. Penggilingan dan pemilihan biji kopi luwak

Setelah proses pengeringan, maka hasilnya berupa produk raw beans atau gabah kopi luwak. Selanjutnya adalah proses penggilingan dan selesai di giling, biji kopi luwak akan dipilih dan disortir untuk memisahkan biji kopi utuh dan pecah akibat penggilingan, proses sortir ini dilakukan secara manual untuk menghasilkan biji kopi siap goreng yang berkualitas (greenbeans).

5. Pembubukan Pengemasan

Langkah terakhir yaitu pembubukan, Cara pembubukannya pun dilakukan secara manual dengan proses dilesung untuk menghancurkan biji kopi. Selanjutnya, bubuk kopi dikemas dengan kemasan aluminium foil dan siap dijajakan di pasaran.

Dari cara pembuatan kopi luwak proses yang cukup panjang, maka tak heran harga kopi luwak asli terbilang mahal. kopi luwak yang masih dalam bentuk feses (belum proses) harganya sekitar Rp 300.000, sementara untuk green benas (biji beras) harganya sekitar Rp 600.000-Rp 1,2 juta lalu untuk kopi sangrai (biji matang) dan kopi bubuk (siap saji) per kg mencapai Rp 1,5 juta. Kurang dari harga tersebut, patut diperhatikan apakah itu kopi luwak asli atau memang sudah dicampur.

foto: kopiluwak.org

Leave a Reply