Kenapa Masyarakat Gemar Memakan Mie ditambah Nasi?

Posted on

Kenapa masyarakat gemar memakan mie ditambah nasi? padahal didalam mie instant sudah terdapat kandungan karbohidrat yang berguna sebagai energi. Termasuk saya juga senang makan mie pakai nasi, hal ini tidak terlepas bahwa nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.

Walaupun sudah sarapan roti dan belum ketemu nasi apabila ditanya sudah makan atau belum pasti jawabanya belum. Salah satu alasan makan mie rebus, mie goreng, bak mie dicampur nasi adalah supaya perut kenyang. Ternyata tanpa disadari ada bahaya makan mie dan nasi bersamaan yaitu kelebihan karbohidrat dalam tubuh.

Karena keduanya merupakan sumber karbohidrat dan pada mie terkandung 400 kalori, kemudian nasi putih 206 kalori, dibawah beberapa pendapat mengapa memakan mie dengan nasi sering dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Kenapa Masyarakat Gemar Memakan Mie ditambah Nasi?

Kenapa Masyarakat Gemar Memakan Mie ditambah Nasi?

Foto: quora

  • Karena nasi dianggap makanan pokok sementara mie dinilai sebagai lauk pauk (side dishes) karena berbeda rasa dengan nasi yang rasanya tawar.
  • Mie ayam, bak mie apalagi mie instant memiliki rasa yang kuat dan berbumbu sehingga cocok jika pakai nasi.
  • Biasanya orangtua menyuruh anaknya jika makan mie instant harus ditambahkan nasi.
  • Mie dianggap sebagai makanan pendamping nasi.

Pendapat ahli gizi jika makan mie dicampur nasi

Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik

Pernyataan tersebut menurut Dr Samuel Oetoro yang di kutip dari lifestyle.kompas.com sehingga menurutnya akan meningkatkan resiko menjadi pengidap diabetes jika dibanding dengan mengkomsumsi nasi ditambah sayur mayur.

Tentu saja kita tidak ingin menjadi penderita diabetes karena diabetes atau penyakit gula disebut sebagai ibunya penyakit atau merupakan titik awal penyakit lain masuk seperti gagal ginjal, jantung dll. Untuk itu bagi yang masih melakukan pola hidup tidak sehat seperti memakan mie ditambah nasi sebaiknya dikurangi.

Misalnya cukup seminggu sekali makan mie/mie instant dan jika ditambah nasi lebih baik mie diberikan potongan sayuran seperti sawi, kol dan telur sehingga akan kenyang dan terasa sedap.

Leave a Reply