Kenapa Bayi Kentut Terus Tapi Tidak BAB?

Posted on

Kebanyakan orang tua akan merasa panik jika bayi kentut terus tidak bab selama beberapa hari apalagi ibu yang baru mempunyai sang buah hati dan belum mempunyai pengalaman  tentunya, umumnya pola bab pada bayi baru lahir biasanya sebanyak 3-4 kali setiap harinya bahkan bisa lebih .

Beberapa hari pertama setelah lahir bayi akan mengeluarkan  tinja berwarna hijau kehitaman itu adalah air susu ibu yang keluar pertama kali, pada beberapa hari berikutnya tinja bayi akan berubah warna menjadi kekuningan dengan tekstur yang lebih lunak.

Frekuensi bab pada bayi usia muda memang kadang membingungkan orang tua , bayi yang di beri ASI ekslusif memiliki keunikan pada pola buang air besar, mereka tidak perlu bab setiap hari seperti anak yang sudah lebih besar.

Karena bayi ASI memiliki frekuensi bab yang lebih jarang dikarenakan komposisi ASI yang hampir terserap secara sempurna seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, maka sangat sedikit sisanya yang  dikeluarkan dari tubuh melalui bab.

Beda halnya dengan bayi yang di beri susu formula diharapkan bab setiap hari sekali, susu formula lebih sulit di serap oleh usus bayi dan meninggalkan banyak sisa. salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi yaitu masalah saluran pencernaan contohnya bayi tidak bab 4 hari bahkan sampai bayi kentut terus tapi tidak buang air besar.

Beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan yaitu;

  1. Peningkatan berat badan bayi sesuai kurva pertumbuhan yang ada di KMS
  2. Tinja bayi biasanya lunak dan tidak keras
  3. Frekuensi buang air kecil setidaknya 5-8 kali seharinya
  4. Tidak ada gejala kesulitan buang air besar seperti bayi mengejan berlebihan hingga menangis

Bila perihal diatas terpenuhi maka ibu tidak perlu panik karena besar kemungkinan jarang bab masih tergolong normal selagi bayi masih merasa nyaman dan tidak rewel.

Penyebab Bayi Kentut Terus Tapi Tidak BAB

Kenapa Bayi Kentut Terus Tapi Tidak BAB?

Kentut atau buang angin merupakan pertanda berjalannya fungsi saluran cerna, tetapi terkait kentut bayi ASI bau menyengat sebenarnya masih tergolong wajar, karena dalam usus besar terdapat berbagai bakteri baik yang berperan dalam proses pencernaan.

Sehingga hasil metabolisme bakteri inilah yang akan menimbulkas gas pada saluran cerna, jika bayi BAB 1 minggu sekali bahkan lebih dari seminggu tidak BAB maka akan terjadi penumpukan gas yang berpotesi menimbulkan bau busuk dibandingkan dengan bayi yang BAB nya setiap hari.

baca juga: kepercayaan tentang ngidam bayi perempuan

Penyebab Bayi Sering Kentut

  • Ibu menyusui mengkonsumsi makanan penghasil gas
  • Sistem pencernaan bayi belum sempurna
  • Bayi mulai menerima makanan padat
  • Bayi sembelit
  • bayi minum susu dari botol susu

Berikut Tips Untuk Mempermudah Bayi Buang Air Besar

  1. Untuk bayi berusia dibawah 6 bulan tetaplah menyusui bayi anda
  2.  Berikan pijatan lembut di sekitar perut bayi dengan gerakan I-L-U
  3.  Buat bayi menjadi lebih aktip misalnya dengan menggerak-gerakan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda
  4.  Mandikan bayi dengan air hangat

Itulah penyebab kenapa bayi kentut terus tapi tidak BAB dan sebaiknya untuk meyakinkan silahkan mendatangi dokter spesialis anak atau bidan. Dengan demikian dapat membuat ibu lebih tenang karena mendapat penjelasan dari orang yang sesuai dengan bidangnya.

Leave a Reply