Jalan Berliku Menuju Curug Malela Bandung

Posted on

Mendengar cerita tentang keindahan air terjun membuat admin selalu tertantang untuk berwisata alam, tidak terkecuali air terjun Curug Malela Bandung yang membuat admin ingin mendatanginya.

Menurut kabar jalan menuju curug Malela yang merupakan Niagara mini Indonesia rusak,  admin ingin membuktikanya . Curug dalam bahasa Sunda adalah air terjun.

Perjalanan dimulai sekitar jam 12.00 dari Cililin karena admin memiliki nenek disana, tepat jam 13.45 tiba di lokasi Curug Malela. Namun jalan menuju Curug Malela kurang bagus sehingga dibutuhkan usaha ekstra terutama di 5,5 KM akhir.

Air terjun Curug Malela Bandung dikenal juga dengan Curug Malela Gunung Halu karena melewati wilayah Gunung Halu, tapi persisnya berada tepatnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Dengan ketinggian sekitar 60 sd 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter membuat curug di Bandung Barat ini terlihat indah walau dari kejauhan.

Air Terjun Curug Malela Bandung Berubah Warna

Mengapa Air Terjun Curug Malela Bandung Berubah Warna?

Namun saat itu air terjun Curug Malela berubah warna karena pada foto foto yang banyak beredar di internet memperlihatkan air terjun yang berwarna jernih.

Ternyata ketika kesana air berwarna kecoklatan seperti warna tanah karena efek dari hujan semalam dan foto curug berwarna putih atau jernih diambil pada musim kemarau.

Sayang sekali admin tidak bisa mengambil gambar tepat dibawah jatuhnya air curug Malela akibat debit air sangat deras dan dibayang bayangi ketakutan turun hujan mendadak.

Hanya sekitar 30 menit admin berada di Curug Malela kebetulan bukan hari libur jadi hanya ada 6 orang lain yang sedang asyik menikmati keindahan Curug.

Mengapa Air Terjun Curug Malela Bandung Berubah Warna?

Harga tiket masuk curug Malela

Untuk harga tiket pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.5.000 per orang yang sudah termasuk premi asuransi sebesar Rp.500, karena pengunjung objek wisata murah ini dilindungi oleh asuransi dari PT.Jasa Raharja Putera, adapun uang pertanggungan yaitu.

Mengapa Air Terjun Curug Malela Bandung Berubah Warna?

  • Meninggal Dunia:Rp.10.000.000
  • Cacat Tetap (Max): Rp.10.000.000
  • Biaya Perawatan: Rp.2.000.000

Sama dengan Curug Nangka Bogor dan Curug Cikaso Sukabumi untuk mendekat ke air terjun sangat curam, dengan diawali titian anak tangga  dan sudah diplester serta diberi pegangan untuk pejalan kaki tapi itu hanya sekitar 200 meteran selanjutnya plesteran sudah terkelupas bahkan semakin kebawah semakin tidak terawat.

Kesimpulan
  • Jika berwisata ke Curug Malela usahakan datang jangan ketika musim hujan karena warna air curug berwarna keruh dan tidak bisa mencapai bibir curug karena air cukup deras sehingga berbahaya jika terlalu dekat.
  • Bawalah kantong plastik sebagai tempat sampah sisa makanan yang kamu bawa karena disana sedikit sekali tempat sampah, jangan membuang sembarangan yang bisa mengotori kawasan air terjun curug malela.

 

Akhirnya  perjuangan jalan menuju Curug Malela Bandung terbayar sudah karena sudah berhasil menyaksikan niagara Indonesia dari dekat, yang membuat admin bertanya jika Curug Malela berubah warna akibat hujan tetapi Curug Tilu yang berada disamping kanan jalur ke Curug Malela tetap berwarna jernih.

Jadi tunggu apalagi? jika kamu ingin mencari tempat wisata air terutama air terjun yang indah di bandung maka jangan lewatkan untuk pergi ke curug malela, dan jika masih bingung dengan rutenya kamu bisa tanya-tanya disini semoga kami bisa membantu karena kami baru saja kesana dan sepertinya masih hafal dengan rutenya.

Leave a Reply