Inilah Asal Usul Jembatan Panus Depok Yang Penuh Misteri

Posted on

Sebelum ada jembatan baru ketika ingin melintas dari Depok II ke Depok I atau Depok lama terlebih dahulu harus melewati jembatan Panus. Jembatan memiliki lebar lima meter dan panjang 100 meter dibangun sebelum Indonesia merdeka.

Jembatan Panus Depok mulai tidak digunakan sekitar tahun 1994 an karena ada jembatan yang baru dibangun. Kemarin kebetulan admin melewati jembatan yang dibangun pada tahun 1917 oleh seorang insinyur bernama Andre Laurens.

Sempat terkejut dengan banner yang membentang dibagian bawah jembatan yang bertuliskan “Roboh Jembatan Panus, Roboh Pula Situs Sejarah Depok”. Akhirnya admin bertanya kepada tukang ojek, tulisan tersebut merupakan ajakan untuk menjaga tempat bersejarah di Depok ini.

Karena belakangan jembatan panus Depok pada dingdingnya terdapat banyak coretan cat semprot orang yang tidak bertanggung jawab dan adanya aktifitas membuang sampah ke Sungai Ciliwung. Tentu saja hal tersebut membuat jembatan peninggalan masa kolonial Belanda tampak memprihatinkan.

Asal Usul Jembatan Panus Depok

Inilah Asal Usul Jembatan Panus Depok Yang Penuh Misteri

Banyak pendapat orang yang kurang tepat tentang sejarah jembatan Panus Depok, seperti dinamakan jembatan PANUS diambil dari nama sang pembuat yaitu Stephanus Leander. Ternyata asumsi itu salah besar karena arsitek jembatan adalah Andre Laurens.

Dan ternyata ada yang berpendapat Andre Laurens merupakan orang Belanda padahal yang betul Beliau adalah orang Indonesia asli dari marga Laurens. Namun entah mengapa mengapa jembatan itu diberi nama Panus atau Stephanus padahal yang membuat Andre Laurens.

Misteri Jembatan Panus Depok

Inilah Asal Usul Jembatan Panus Depok Yang Penuh Misteri

Konon suatu malam ada pengendara motor sendirian dan merasakan motornya menjadi berat, seperti ada yang membonceng, ketika dilihat tidak ada yang naik. Ada juga sopir angkot pernah diberhentikan penumpang wanita saat kondisi angkot sedang sepi, namun ketika dilihat kebelakang angkot tersebut kosong.

Fungsi Jembatan Panus

Sebagian warga dibantaran sungai Ciliwung masih ada yang memanfaatkan untuk keperluan mandi dan mencuci karena dibawah terdapat mata air. Selain itu ketika musim hujan tiba jembatan Panus Depok berfungsi untuk memantau debit air.

Karena dibagian tengah kaki jembatan terdapat angka atau alat ukur ketinggian air Sungai. Pada jembatan tua inilah aliran air dari Bogor menuju Jakarta dipantau agar warga Jakarta waspada akan banjir.

Jembatan bersejarah Panus berusia hampir satu abad, namun kaki jembatan masih terlihat kokoh padahal selalu terkena air Sungai yang deras. Material dasar membuat jembata yaitu berupa pasir, semen, dan kapur, serta batu kali. Nah itulah asal usul jembatan panus Depok yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya.

Kesimpulan: Bahwa pembuat jembatan Panus adalah Andre Laurens bukan Stephanus Leander seperti yang dikira selama ini karena ada kata Panus pada penamaan jembatan.

Dirangkum dari berbagai sumber

Leave a Reply