Inilah 9 Cara Perawatan Gigi Behel Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Posted on

Perawatan gigi behel adalah hal yang harus Anda lakukan, jika menggunakan behel khusus untuk perawatan gigi. Seperti diketahui saat ini ada 2 jenis behel yang beredar dipasaran yaitu behel untuk perwatan gigi, dan behel untuk fashion.
Behel untuk fashion, seperti namanya biasanya digunakan untuk sekedar fashion. Biasanya dipasang hanya untuk sementara waktu, bahkan ada beberapa jenis behel yang dapat dipasang atau dilepas. Sedangkan behel untuk perawatan gigi, fungsinya untuk merawat gigi.

Dimana behel seperti ini biasanya dipasang dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1 hinhgga 3 tahun. Pemakaian behel seperti ini tentunya tidak boleh disembarang tempat, Anda hanya dapat menggunakan behel seperti ini di dokter gigi atau orthodontis.

Banyak orang menyangka bahwa menggunakan behel itu mudah, sebenarnya tidak. Ketika seseorang menggunakan behel, maka orang tersebut tidak boleh mengkonsumsi makanan tertentu, jika ingin giginya sehat dan behel dapat terpasang dengan baik.

Jika tidak maka pemasangan behel akan jadi jauh lebih lama. Selain itu perawatan behel juga tidak boleh sembarangan. Seseorang yang menggunakan behel harus rajin membersihkan gigi, jika tidak ingin ada masalah pada gigi dan mulut. Lalu bagaimana cara merawat gigi dan behel dengan baik, berikut ini adalah jawabannya

Inilah 9 Cara Perawatan Gigi Behel di Rumah

Inilah 9 Cara Perawatan Gigi Behel Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

1. Menggunakan sikat gigi khusus behel

Dokter gigi akan merekomendasikan sebuah sikat gigi khusus untuk perawatah behel. Sikat gigi ini bentuknya kecil dan memiliki bulu sikat yang halus. Disini Anda harus menggunakan sikat gigi tersebut 2 kali dalam sehari, dan setelah makan atau minum yang manis.

Proses penyikatan juga dilakukan selama 2 tahap, tahap pertama tidak menggunakan pasta gigi, hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan pada rongga mulut. Tahap kedua adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan gigi dengan baik.

2. Membersihkan sela gigi dengan menggunakan dental floss

Selain menggunakan sikat gigi, biasanya ortodontis juga menyarankan Anda untuk menggunakan sikat gigi tambahan yang bernama dental floss. Sikat yang satu ini digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela gigi.

3. Pasta gigi untuk gigi sensitive

Ortodontis juga akan menyarankan Anda menggunakan pasta gigi sensitif. Ketika Anda menggunakan behel seperti ini, maka gigi dan gusi cenderung lebih sensitif, akibatnya gigi mudah ngilu. Untuk mengurangi rasa ngilu tersebut, maka dokter akan menyarankan menggunakan pasta gigi sensitif.

4. Menggunakan obat kumur

Selain menggunakan sikat gigi dan juga dental floss, Anda juga sebaiknya menggunakan obat kumur. Obat kumur ini dapat membersihkan gigi, hingga ke bagian terkecil di sela gigi. Selain itu menggunakan obat kumur juga dapat membunuh bakteri merugikan yang ada di daerah gigi.

5. Mengkonsumsi parasetamol

Ketika Anda menggunakan behel permanen atau behel untuk perawatan gigi, biasanya gigi akan lebih sensitif, daerah mulut akan terasa kencang dan juga nyeri. Untuk mengatasi berbagai hal tersebut, dokter akan memberikan obat parasetamol, agar rasa nyeri tersebut berkurang. Namun obat ini bukan dikonsumsi setiap saat, hanya dapat Anda konsumsi ketika gigi benar-benar terasa sakit.

6. Menggunakan wax ortodonti

Wax ortodonti ini dapat Anda gunakan, ketika ada ujung kawat atau disebut juga dengan hook menonjol ke bagian gusi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya jangan memperbaikinya sendiri, cepat hubungi dokter gigi Anda, dan untuk menutupi hook tersebut, agar tidak membuat gusi luka, sebaiknya aguankan wax ortodonti tersebut.

7. Mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumi vitamin C dan juga D baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan gigi. Dengan demikian kesehatan gigi dan juga tubuh Anda terjaga dengan baik, selama menggunakan behel tersebut.

8. Menghindari makanan yang keras

Mengkonsumsi makanan keras sebaiknya Anda hindari ketika menggunakan behel. Hal ini tentu dapat merusak behel tersebut. Jika Anda mengkonsumsi makanan keras, sebaiknya potong kecil terlebih dahulu. Contohnya jika Anda mengkosnumsi apel atau paha ayam, sebaiknya potong kecil terlebih dahulu, kemudian konsumsi makanan tersebut.

9. Mengunjungi ortodontis

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi ortodontis secara rutin. Ada baiknya jika Anda mengunjungi ortodontis sekitar 4 hingga 6 minggu sekali. Dengan demikian perawatan gigi behel dapat dilakukan dengan tepat, hasilnya gigi jadi lebih rapi

Leave a Reply