Ini Khasiat Daun Kelor Untuk Diabetes Yang Jarang diketahui

Posted on

Daun kelor atau banyak orang mengenalnya dengan nama lain daun bidara merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal banyak sekali mamfaatnya bagi kesehatan, daun kelor berbentuk bulat lonjong dengan ukuran daun yang sangat kecil-kecil tersusun rapih dalam satu tangkai memiliki ketinggian batang 7 sampai 11 meter tanaman ini sering kita jumpai dilingkungan sekitar.

Khasiat daun kelor diantaranya bisa dijadikan untuk perawatan kecantikan karena daun kelor mempunyai beberapa kandungan vitamin didalamnya. Namun ternyata manfaat daun kelor bisa juga untuk mengobati penyakit gula atau diabetes melitus bahkan sekarang muncul produk herbal ekstrak daun kelor.

Kegunaan daun kelor yang sudah umum diketahui dapat membantu meningkatkan produksi Air susu ibu ( ASI ),bahkan yang saat ini sedang banyak di bicarakan yaitu mamfaat daun kelor untuk diabetes.

Kandungan daun kelor untuk diabetes melitus

Ini Khasiat Daun Kelor Untuk Diabetes Yang Jarang diketahui

Penyakit diabetes adalah sebuah kondisi dimana adanya masalah tingginnya kadar gula didalam darah, beberapa pemicu penyakit diabetes yaitu adanya faktor keturunan atau DNA.

Dimana memang terdapat kelainan pada hormon insulin, gangguan pada organ pankreas dan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi sehingga menyebabkan insulin mengalami gagal fungsi.

Menurut peneliti dari departemen kimia universitas Alahabad india bahwa ekstra daun kelor lebih efektif menurunkan kadar gula didalam darah, karena kandungan zat yang ada di dalam daun kelor cukup lengkap sehingga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah kandungan daun kelor yang mampu mengatasi penyakit diabetes.

  1.  Vitamin A
  2.   Vitamin C
  3.  Asam askorbat
  4.  Antioksidan
  5.  Vitamin E
  6.   Asam oleat
  7.  Kalsium
  8.  Betakaroten

Daun kelor mengandung zat seng atau sejenis mineral yang sangat diperlukan untuk membantu dalam proses produksi insulin. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi daun kelor secara rutin oleh penderita diabetes mampu menurunkan kadar gula darah menjadi lebih rendah di banding mereka yang tidak mengkonsumsi daun kelor.

Cara mengolah daun kelor untuk diabetes

Berikut ini cara membuat ramuan daun kelor untuk mengatasi diabetes ;

  1.  Siapkan 10-15 gr daun kelor, kurang lebih satu genggaman tangan hasilnya
  2.  Cucilah daun kelor sampai bersih jangan diremas agar daun kelor tetap segar
  3.  Lalu rebuslah daun kelor kalau bisa pada saat merebus gunakan alat yang terbuat dari gerabah
  4.  Masukan bersama dengan 3 gelas air tunggu hingga mendidih dan sampai air menyusut tinggal 1 gelas saja
  5.  Kemudian setelah itu masukan lagi 3 gelas air dan tunggu sampai air menyusut hingga 1 gelas air lagi
  6.  Setelah matang kemudian angkat dan saring air rebusan, tunggu sampai hangat setelah itu  minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas ramuan.

Jika dahulu daun kelor dipercaya dapat menolak bala atau digunakan untuk mengusir mahluk halus kini manfaat dari daun kelor dapat dirasakan penderita DM (diabetes melitus) sebagai obat alami yang dapat dibuat sendiri.

Demikianlah informasi singkat mengenai khasiat daun kelor untuk diabetes yang masih jarang diketahui sehingga terkadang kita mengabaikan daun yang satu ini.

Leave a Reply