Gerakan Yang Dapat Merangsang Kontraksi Supaya Melahirkan Tepat Waktu

Posted on

Ketika mendekati usia kehamilan 9 bulan menjadi sesuatu yang sangat dinantikan, karena ibu akan segera bertemu dengan sang buah hati, namun disisi lain ibu hamil akan merasa cemas dan perasaan takut akan proses melahirkan, yang di khawatirkan apakan akan melahirkan secara normal atau cesar, tentu saja setiap ibu hamil ingin melahirkan secara normal.

Biasanya kondisi seperti ini dirasakan pada ibu hamil yang baru pertama kali menghadapi persalinan atau partus, apalagi telah melewati batas waktu yang sudah diperkirakan dokter tetapi belum ada tanda-tanda awal akan melahirkan. Bagaimanapun stress akan menghambat pada proses persalinan karena mungkin belum mengetahui cara merangsang kontraksi.

Sebaiknya ibu hamil menyiapkan mental artinya selalu berpikir positif bahwa persalinan itu tidak sakit, disamping itu calon ibu harus siap secara fisik karena di ruang bersalin di butuhkan banyak energi, sehingga proses lahiran akan berjalan lancar seperti rajin melatih pernafasan.

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Gerakan Yang Dapat Merangsang Kontraksi Supaya Melahirkan Tepat Waktu

Banyak bergerak

Ibu yang akan menghadapi persalinan seharusnya tidak menghabiskan waktu di tempat tidur, lakukan aktivitas gerakan-gerakan kecil seperti berjalan didepan rumah pada pagi hari, ngepel lantai dengan posisi jongkok karena akan mendorong rotasi dan turunnya kepala bayi.

Berdiri tegak dengan satu kaki naik ke atas kursi

Lakukan gerakan tegak dengan satu kaki naik ke atas kursi, posisi ini bisa  memperlebar ukuran sisi panggul sehingga akan merangsang bayi agar cepat turun dan mempercepat proses persalinan.

Posisi sujud

Posisi ini juga bisa membantu memancing kontraksi agar cepat melahirkan, bayi diberikan ruang untuk memperbaiki posisinya agar bayi tidak sungsang.

Banyak berdoa

Sering membaca doa agar cepat melahirkan, meminta kepada allah swt agar dimudahkan ketika proses persalinan karena manfaat doa itu besar sekali.

Latihan kegel

Latihan kegel juga membantu proses melahirkan agar persalinan lancar, namun sebaiknya dikonsultasikan pada dokter spesialis kandungan karena setiap ibu hamil memiliki kondisi badan yang berbeda.

baca juga: boleh tidak komsumsi nanas ketika hamil

Ajak berinteraksi sang buah hati

Mengelus-elus perut dengan lembut serta mengajak berinteraksi sang buah hati di percaya bisa mempercepat proses persalinan.

Selain tips diatas ibu hamil juga sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi agar bayi yang dilahirkan sehat sesuai yang diharapkan dan minum air putih secukupnya agar disaat proses persalinan air ketuban cukup.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara merangsang kontraksi agar mempelancar proses persalinan, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

Leave a Reply