Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan Dengan Mudah

Posted on

Ibu kerap merasa cemas karena rambutnya akan mengalami kerontokan luar biasa pasca melahirkan meski tidak sedang menyisir rambut, tetapi banyak helaian rambut berserakan dibantal maupun dilantai saat sedang menyusui tentunya sangat kesal.

Kondisi ini di khawatirkan akan menyebabkan kebotakan padahal kerontokan rambut pada ibu menyusui pasca melahirkan umumnya sesuatu yang normal dan tidak perlu di khawatirkan, namun tetap harus mengetahui cara menyuburkan rambut setelah melahirkan.

Setelah kelahiran bayi dengan diikuti perubahan hormon maka rambut akan memasuki fase istirahat yang disebut (telogen), maka dari itu ibu menyusui akan mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya. Dalam fase telogen rambut akan berada ditempatnya (folikel) sampai akhirnya terdorong oleh pertumbuhan rambut baru dalam fase anagen.

Puncak kerontokan rambut terjadi pada bulan ke empat pasca melahirkan,ada mitos yang mengatakan jika bayi memainkan ludahnya sendiri rambut ibu akan mengalami kerontokan padahal penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan saat menyusui karena adanya penurunan hormon yang sangat drastis, kondisi ini akan membaik pertumbuhan rambut akan normal kembali setelah 6-12 bulan melahirkan.

Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan Dengan Mudah

Banyak orang yang merasa terganggu dan tidak nyaman akan kondisi ini padahal kerontokan rambut yang terjadi setelah melahirkan dan saat menyusui akan pulih seiring berjalannya waktu tetapi anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini;

Perlakukan rambut dengan lembut

Bisa mengurangi tingkat kerontokan rambut yang parah, hindari mengepang, mengucir dan mengikat rambut terlalu kencang agar rambut tidak mudah rontok, Saat rambut sedang basah pastikan ibu menyisir dengan lembut karena rambut basah cenderung mudah rapuh sehingga mudah rontok.

Memotong rambut

Memotong rambut menjadi lebih pendek dapat menjadikan wajah ibu terlihatan lebih fresh rambutpun tidak terlihat acak-acakan karena gaya rambut pendek akan lebih mudah untuk diatur sehingga dapat mengatasi kerontokan.

Mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B, C, E, biotin dan zinc kelompok nutrisi ini sangat baik untuk membantu mendukung pertumbuhan rambut anda agar menjadi lebih sehat dan kuku, bisa juga mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Menggunakan shampo yang cocok

Gunakan produk shampo atau kondisioner yang diperuntukan untuk merawat rambut rontok karena dengan menggunakan produk shampo yang tepat akan mengurangi masalah tersebut dan dapat membantu menyuburkan kembali kondisi rambut yang sudah menipis.

Itulah cara menyuburkan rambut setelah melahirkan dan jangan kaget dengan fenomena seperti itu karena sekali lagi selama kehamilan hormon estrogen meningkat yang menyebabkan rambut tidak rontok. Tetapi setelah melahirkan hormon kembali menurun dan efeknya rambut yang seharusnya rontok masa kehamilan akan terjadi pada pasca melahirkan sehingga cenderung lebih banyak.

 

Leave a Reply