Cara Menjernihkan Minyak Goreng Jelantah

Posted on

Kadang jika kita menggoreng makanan akan tersisa minyak goreng, dan yang jadi masalahnya lagi sisa minyak goreng sudah keruh atau tidak jernih lagi.

Kalau mau dibuang sayang, tapi kalau mau dipakai lagi takut, inilah realitas kecil yang ada di sekitar kita, untuk itu sudah seharusnya ibu ibu tahu cara menjernihkan miyak goreng.

Biasanya minyak goreng dapat digunakan 2-3 kali, namun tetap saja tergantung bahan apa yang digoreng dan minyak goreng itu sendiri.

Karena ada bahan makanan yang meskipun baru satu kali pemakaian minyak goreng, tapi sudah berwarna kecoklatan atau kehitaman.

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai

1.Menggunakan Buah Mengkudu
Sari buah mengkudu sudah sejak lama digunakan orang untuk menjernihkan minyak goreng bekas atau  jelantah. Satu buah mengkudu berukuran besar bisa menjernihkan minyak goreng jelantah hingga sebanyak 250 mL.

Caranya:
Buah mengkudu yang telah masak ditumbuk kemudian diambil sarinya. Sari yang diperoleh kemudian dicampur ke dalam minyak goreng jelantah dan didiamkan selama 5 – 10 menit.

Setelah itu minyak goreng dipanaskan sampai suhu 50 derajat celcius dan dipertahankan sampai minyak goreng berwarna jernih. Minyak goreng kemudian disaring untuk dipisahkan dengan endapan yang terbentuk.

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Jelantah

2. Menggunakan Arang Kayu
Arang kayu lebih mudah ditemui dan harganya relatif lebih murah. Dalam prakteknya, arang atau karbon bisa menjadi aktif atau disebut karbon aktif yang dapat menyerap berbagai senyawa sehingga sering digunakan sebagai absorbent.

Caranya :
Arang kayu kira-kira sebesar genggaman tangan orang dewasa sebanyak 2 buah, ditumbuk sampai halus dan menjadi serbuk. Serbuk arang tersebut lalu dicampur ke dalam minyak goreng jelantah tanpa dilakukan pemanasan. Biarkan selama kurang lebih 5 menit kemudian disaring menggunakan kain.

3. Menggunakan Nasi
Nasi yang biasanya digunakan sebagai makanan sumber utama karbohidrat ternyata dapat menjernihkan minyak goreng yang kotor akibat remah-remah sisa penggorengan yang tertinggal di dalam minyak goreng.

Caranya :
Ambillah satu genggam nasi, kemudian dipadatkan sampai berbentuk bulat padat, Kemudian masukkan dalam minyak goreng jelantah sambil di tekan, maka kotoran atau remah dalam minyak goreng akan menempel pada nasi.

Demikian berbagai cara menjernihkan minyak goreng jelantah atau minyak goreng bekas pakai menggunakan bahan yang mudah dan gampang ditemukan di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply