Begini Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Obat Diabetes Yang Sudah Terbukti

Posted on

Indonesia kaya akan tumbuhan salah satunya rambutan (Nephelium lappaceum) yang buahnya memiliki rasa manis, namun banyak yang belum mengetahui dibalik manis buahnya ternyata biji rambutan bisa menjadi obat alami untuk penyakit diabetes mellitus.

Tetapi kita harus mengetahui cara mengolah biji rambutan untuk obat diabetes, karena bijiĀ  tersebut tidak bisa langsung dikomsumsi. Pengolahanya tidak membutuhkan alat alat khusus cukup menggunakan peralatan masak di dapur ramuan mengobati kencing manis/diabetes tersebut sudah bisa diminum.

Biji rambutan sebagai obat penyakit gula dikemukakan oleh pengajar dari Universitas Ubudiyah Indonesia kota Banda Aceh, bahkan Prof Adjunct Marniati SE MKEs yang menjabat rektor Univ Ubudiyah berencana memproduksi masal obat alami dalam bentuk ekstrak.

Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Obat Diabetes

1. Pilih rambutan yang masih segar atau bagian kulitnya belum mengering kemudian pisahkan dari dagingnya.

Begini Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Obat Diabetes Yang Sudah Terbukti

2. Jemur biji rambutan dengan panas matahari selama 5 hari.
3. Sangrai atau gongseng biji rambutan sampai berubah warna.
4. Tumbuk atau gerus biji rambutan sampai halus.

Begini Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Obat Diabetes Yang Sudah Terbukti

5. Ambil sebanyak 3 sondok teh kemudian masukan air hangat dalam setengah cangkir air kemudian saring.

Begini Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Obat Diabetes Yang Sudah Terbukti

Air biji buah rambutan yang sudah disaring tersebut diminum sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari tergantung seberapa tinggi kadar gula. Untuk itu sebaiknya sebelum meminum cek kadar glukosa darah sebelum makan bisa pergi ke laboratorium kesehatan atau dirumah dengan menggunakan alat cek gula.

Kenapa Harus Biji Rambutan Sebagai Obat Diabetes?

Karena biji buah rambutan memiliki kandungan zat karbohidrat, protein, lemak, lemak murni, serat, pati dan stearic acid. Seperti yang dikemukakan ahli gizi Pram Pramono yang dikutip dari Tribunews.

Manfaat dari ekstrak metanol biji rambutan memiliki aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi untuk membantu pasien khususnya yang mengalami gula darah tinggi alias diabetes melitus.

Karena ekstrak methanol yang terdapat pada biji rambutan mengandung senyawa flavanoid dan fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik (bukan flavonoid).

Menurut International Diabetes Federation (IDF) Diabetes dan komplikasinya merupakan penyebab kematian utama di
berbagai negara di dunia, terutama pada negara-negara berkembang. Untuk sebelum mengobati alangkah baiknya mencegah dengan mengurangi pola hidup sehat seperti merokok, minum alkohol, perbanyak komsumsi buah dan olahraga secara teratur.

Demikianlah khasiat dan cara mengolah biji rambutan untuk diabetes yang bisa dilakukan sendiri di rumah, semoga bermanfaat dan apabila dirasa tulisan ini bermanfaat silahkan dibagikan barangkali ada orang lain yang membutuhkan informasi.

Leave a Reply