Begini Cara Membersihkan Telinga Anak Yang Aman Dan Benar

Posted on

Cara membersihkan telinga anak – Berhati-hatilah ketika kita sebagai orang tua sedang membersihkan telinga sang buah hati, pasalnya telinga merupakan organ pendengaran yang sangat penting dan sensitif sehingga harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Telinga bayi dan anak sebaiknya dibersihkan secara rutin, agar tidak terjadi penumpukan kotoran telinga yang bisa mengganggu dan memengaruhi pendengaran si kecil.

Jika tidak dibersihkan, dikhawatirkan kotoran akan semakin keras dan sulit dikeluarkan. Membersihkan telinga sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan semua orangtua, biasanya setiap orang tua membersihkan kuping anak menggunakan cotton bud.

Padahal, pelu bunda ketahui penggunaan cotton bud yang salah dan terlalu sering justru malah cukup berbahaya, dan akan berisiko fatal malah bisa mendorong kotoran telinga bayi masuk lebih dalam ke telinga dan menyebabkan infeksi.

Liang telinga memiliki kulit kelenjar serumen dan rambut di bagian luar, disinilah kotoran telinga diproduksi. Meskipun terkadang mengganggu, hal ini adalah bagian normal dari fisiologi bayi Anda, bahkan membuat telinga bayi tetap sehat. Kotoran telinga ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada kotoran telinga yang bertekstur kering dan ada juga yang basah teksturnya lebih lengket.

Tips membersihkan telinga anak atau bayi

Begini Cara Membersihkan Telinga Anak Yang Aman Dan Benar

1. Menggunakan air dan waslap

  • Sediakan waslap bersih dan basahi dengan air hangat
  • Lalu peras hingga airnya berkurang cukup banyak
  • Kemudian gosokkan telinga bayi bagian luar secara perlahan hingga kotoran benar-benar terangkat

Suhu hangat pada telinga yang sudah dibersihkan tadi, akan membantu mengeluarkan kotoran telinga dengan sendirinya. Membersihkan telinga bayi dengan menggunakan waslap hanya dilakukan untuk telinga bagian luar saja, hindari penggunaan kapas, agar serat-seratnya tidak masuk ke telinga bagian dalam.

2. Menggunakan obat tetes khusus untuk telinga bayi

Menggunakan obat tetes khusus untuk telinga bayi, tips ini bisa di gunakan untuk cara membersihkan telinga anak yang mengeras. Namun, dengan catatan anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan mendapatkan persetujuan dari dokter pula. Obat tetes khusus ini berupa larutan hidrogen peroksida yang akan membantu melunakkan kotoran telinga bayi kering.

  • Langkah pertama campurkan beberapa tetes hidrogen peroksida dengan air
  • Lalu pastikan sudah tercampur dengan rata
  • Setelah itu, teteskan larutan tersebut pada telinga kanan dan kiri bayi
  • Masing-masing sisi satu tetes

3. Baby oil

Selanjutnya cara membersihkan telinga dengan baby oil, menggunakan baby oil merupakan salah satu cara yang aman yang dapat menghilangkan kotoran di telinga. Bisa digunakan baik untuk membersihkan telinga maupun sela-sela lipatan tubuh anak. Teteskan baby oil pada kapas dan usap dengan lembut maka kotoran akan menempel pada kapas

4. Cotton bud

Bila ingin membersihkan telinga si kecil menggunakan cotton bud (kapas bertangkai), disarankan hanya untuk membersihkan kotoran di liang telinga bagian terluar saja. Dengan catatan, kotorannya terjangkau dan masih lunak. Hati-hati saat menggunakan cotton bud, jangan terlalu dalam, jangan lebih dari 1 cm karena dikhawatirkan kotoran akan terdorong masuk ke dalam.

baca juga: merawat gigi anak

Hal-hal yang perlu diperhatikan bunda untuk menjaga telinga si kecil:

  • Selalu perhatikan telinga si kecil untuk memastikan dalam keadaan bersih atau sudah kotor
  • Secara rutin (6 bulan sekali) ajak si kecil yang masih balita untuk kontrol ke dokter THT
  • Jangan biarkan anak terpapar suara-suara keras yang dapat merusak gendang telinga (mendengarkan musik bervolume keras dengan headphone, suara-suara di arena permainan di mall.

Kotoran telinga pada dasarnya bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus dibersihkan, tetapi bukan berarti untuk para orangtua malah menjadi mengabaikannya atau dengan membersihkannya secara asal-asalan. karena jika kita Salah membersihkannya, malah menimbulkan gatal dan infeksi.

Sebenarnya kotoran telinga juga bermanfaat untuk melindungi, melumasi kanal, dan memiliki sifat anti mikroba terhadap infeksi. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga anak yang aman dan benar.

Leave a Reply