Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Posted on

Gigi menjadi bagian terpenting dari proses makan, tanpa gigi seorang tidak bisa mengunyah, memotong dan mencabik makanan. Bagian gigi yang berperan dalam proses makan yaitu gigi seri untuk memotong makanan, gigi geraham bagian depan untuk mengunyah makanan dan gigi geraham bagian belakang untuk menghaluskan makanan.

Sementara gigi tarik bagi manusia sudah beralih fungsi karena sekarang makanan manusia sudah di potong oleh pisau, diempukkan dengan memasak lebih lama sehingga fungsi gigi tarik untuk proses makan sudah tidak begitu berarti. Gigi geraham yang sering kita gunakan untuk mengunyah makanan lama kelamaan bila tidak dirawat dengan baik akan berlubang.

Gigi berlubang menjadi masalah yang kerap kali dialami. Mulut merupakan tempat masuknya jenis virus dan bakteri bila terdapat gigi yang berlubang gigi tersebut bisa menjadi sarangnya bakteri dan virus dalam tubuh, karena sebagai tepat bakteri dan virus.

Lama kelamaan gigi akan menjadi busuk serta gusi yang bengkak dan berdarah. Bila sudah terjadi masalah gigi berlubang kita wajib hukumnya melakukan perawatan gigi berlubang dengan intensif. Untuk yang belum tahu perawatan gigi berlubang secara alami dapat menyimak informasi singkat dibawah.

Perawatan Gigi Berlubang Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Hal yang dapat kita lakukan sebelum pergi ke dokter gigi untuk melakukan penambalan yaitu,

  1. Tidak makan atau minum yang dingin panas, manis dan yang terlalu menyengat
    Makanan panas, dingin, manis dan memiliki rasa yang terlalu strong akan menambah rasa nyeri atau nyeri pada gigi yang berlubang. Makanan tersebut sebaiknya anda hindari terlebih dahulu sampai gigi kembali normal tidak ada yang berlubang.
  2. Berkumur
    Gigi yang berlubang menjadi sarang bakteri dan virus untuk membunuh bakteri dan virus tersebut anda bisa melakukan kumur.
    · Cara tradisional yang biasa dipakai di zaman untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang dengan berkumur menggunakan air hangat larutan garam, larutan tersebut ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri dari gigi berlubang, untuk membuat larutan tradisonal ini Anda hanya perlu melarutkan satu sendok garam ke dalam segelas air kalau ada bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis agar larutan bersifat garam asam untuk membunuh kuman dan bakteri.
    · Cara umum yang sekarang sering dipakai adalah berkumur dengan obat kumur setelah gosok gigi. Gosok gigi yang baik dan benar sering kali dilupakan oleh orang-orang sehingga gosok gigi hanya asal, tidak memperdulikan khasiatnya. sebaiknya anda kembali pada cara menggosok gigi yang benar dengan pasta gigi yang banyak mengandung kalsium untuk memperbaiki kondisi gigi agar tidak semakin parah, setelah itu baru berkumur dengan obat kumur yang banyak dijual di Apotek atau toko obat, obat kumur bisa membantu membersihkan sisa-sisa bakteri yang tidak bersih hanya dengan sikat gigi.
  3. Perbanyak minum air putih
    Gigi yang berlubang berisi banyak kuman dan bakteri termasuk bakteri yang membuat bau mulut, untuk menghindari perkembangan bakteri tersebut anda bisa terus membasahi mulut dengan minum air putih. Air putih yang kita minum harus netral maksudnya tidak dingin dan tidak panas.
  4. Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi
    Makanan yang mengandung kalsium sangat dianjurkan untuk anda konsumsi selama masa perawatan gigi berlubang karena kalsium merupakan mineral yang berfungsi memperbaiki kondisi gigi terlebih bila gigi Anda berlubang,

Makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi seperti sayuran hijau, kacang kedelai, kaca tanah, lobak, ikan salmon, buah-buahan kering, biji wijen, dan brokoli. Makanan yang mengandung banyak kalsium juga bermanfaat untuk mengaktifkan syaraf, menjaga tekanan cairan dalam tubuh, mencegah osteoporosis.

Perawatan gigi yang masih berlubang kecil lebih mudah dari pada gigi yang berlubang besar, gigi yang berlubang akan menimbulkan rasa nyeri dan mengakibatkan gusi bengkak, sebelum terlanjur membesar sebaiknya segara dilakukan perawatan gigi berlubang yang intensif.

Ketika berkunjung ke dokter gigi pun bila lubang masih kecil, dokter akan memberikan saran agar gigi bisa pulih tanpa ditambal namun jika sudah terlalu besar lubangnya maka gigi akan ditambal. Gigi yang ditambal akan berasa aneh dan mengganggu di awal-awalnya.

gambar: http://www.cccc.edu/curriculum/majors/dental/assisting/

Leave a Reply