Apa Pentingnya Berdoa dan Berusaha Bagi Kita?

Posted on

Pentingnya berdoa dan berusaha – Kehidupan ini tidak terlepas dari cobaan dan ujian, cobaan dan ujian tersebut tidak selalu menyedihkan melainkan juga ada kisah menyenangkan. Solusi dari semua cobaan dari yang kita hadapi kuncinya adalah berdoa dan berusaha.

Doa merupakan penanda bahwa seorang hamba membutuhkan Tuhannya,kita harus menyadari betapa kecilnya,hinanya dan rendahnya kita dihadapan Allah swt. Betapa fakirnya manusia sehingga membutuhkan rezeki dari-Nya, betapa bodohnya manusia sehingga membutuhkan ilmu dari-Nya.

Sedangkan usaha merupakan ikhtiar seorang manusia untuk mencapai sesuatu(kebutuhannya)agar mencukupi, berdoa dan berusaha sangat erat kaitannya apalagi dilakukannya secara mudawamah insya allah jika Allah Swt menghendaki doa dan usaha mu akan tercapai.

Beberapa makna doa yang diuraikan dalam hadist diantaranya

“Tidak ada yang paling utama(mulia)disisi Allah dari pada doa”(HR.Ahmad)
“Doa adalah otaknya (sumsum/intinya) ibadah” (HR.Tirmidzi)

Begitupun tercantum dalam Qs.Ghafir:11

Allah akan memperkenankan doa hambanya.
“Dan Tuhan mu berfirman:Berdoalah kepada-Ku niscaya akan ku perkenankan bagimu, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina”.
Dan anjuran berusaha terdapat dalam Al-qur’an,diantaranya: Firman Allah Ta’ala didalam kitabnya.
“Kami(Allah)menjadikan waktu siang itu sebagai masa untuk berusaha mencari kenikmatan untuk meneruskan kehidupan”(An-Naba:11).

Doa juga merupakan senjatanya orang mukmin, sebab apapun bentuk doa akan bernilai ibadah atau pahala. Berdoa dan berusaha memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia juga memiliki arti bahwa dalam berdoa kepada Allah swt harus disertai dengan usaha.

Belajar yakin jangan pesimis apabila kita yakin akan adanya Allah SWT kita juga harus yakin apabila kita berdoa disertai dengan berusaha pasti apa yang kita inginkan akan tercapai. Apabila kita berusaha tanpa berdoa, itu sama saja kita ini sombong terhadap sang pencipta sedangkan tanpa bantuan sang pencipta kita ini tidak ada apa-apanya.

Semua ini kembali lagi kepada Allah Swt,jika usaha mu ingin dirahmati Allah Swt sertailah doa dalam usaha mu,begitupun sebaliknya apabila kita berdoa tanpa berusaha itu sama saja kita bersikap putus asa.seperti dalam firman Allah Swt.
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (Qs.Ar.Rad:11)

Tidak ada artinya doa tanpa usaha dan tidak ada artinya usaha tanpa doa, jika kita sudah berusaha dan berdoa tetapi sang pencipta tidak mengabulkan permintaan kita janganlah putus asa apalagi sampai membenci sang pencipta.

Berpikirlah positif tidak ada yang tak mungkin jika Allah Swt menghendaki mungkin doamu itu akan berakibat tidak baik untukmu atau Allah Swt merencanakan yang lain atau yang lebih baik dari doamu.Inilah dibalik rencana-Nya dan rahasia sang pencipta. Manusia berusaha biarlah Tuhan yang menentukan.

Perlu diingatkan lagi pentingnya berdoa dan berusaha dalam mewujudkan suatu keinginan kita, tidak semudah membalikkan tangan dan tidak ada yang instan didunia ini. Berdoa dan berusahalah insya allah.Allah Swt akan memudahkan segala urusan mu.

Jangan merasa mampu usahamu akan berhasil tanpa berdoa karena itu sampai kamu acuh terhadap Tuhan mu. Tanpa seizin-Nya tidak mungkin kita mendapatkannya, libatkan Allah Swt dalam setiap langkahmu maka apa yang kamu dapatkan akan menjadi berkah. Amin, semoga kita termasuk kedalam umat-Nya yang beruntung.

Leave a Reply