Apa Benar, Wanita Hamil Enggak Boleh Makan Nanas?

Posted on

Pada saat hamil, para wanita hamil biasanya merasa perlu lebih protektif tentang apa yang mereka makan. Hal ini  karena ibu hamil juga perlu untuk memperhatikan asupan gizi yang sangat dibutuhkan bagi janin yang dikandungnya.

Berbicara mengenai makanan untuk ibu hamil, banyak rumor yang beredar di masyarakat selama ini banyak makanan tertentu yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Salah satunya adalah nanas. Fakta ataukah mitos jika makan buah nanas bisa membahayakan janin?

Buah nanas yang dikenal dengan istilah ilmiah nanas cosmosus memiliki kandungan vitamin A dan juga vitamin C sebagai kandungan antioksidan selain itu kandungan magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium, dekstrosa dan juga enzim bromelain yang berkhasiat menghambat sel kanker dan membantu mencerna makanan.

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan, maka kandungan serat yang terdapat di buah nanas akan membantu dalam mempermudah buang air besar dan juga sembelit. Lantas apakah manfaat yang terdapat di dalam buah nanas akan optimal pada wanita hamil?

Nanas menyebabkan kelahiran prematur

Nanas menyebabkan kelahiran prematur

Banyak yang menyarankan wanita hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi nanas atau jus nanas selama awal kehamilan. Itu karena buah nanas mengandung zat bromelian yang bisa melemahkan leher rahim sehingga menyebabkan kontraksi.

Banyak wanita hamil mengeluh bahwa nanas menyebabkan kelahiran prematur sedangkan ada juga beberapa wanita yang tidak melahirkan prematur setelah makan nanas.

Mungkin saja wanita hamil yang melahirkan bayi  prematur itu mengonsumsi nanas segar sehingga zat bromelian utuh. Jika nanas dalam kaleng atau di jus, bromelian akan hancur.

Nanas menyebabkan keguguran

Nanas menyebabkan kelahiran prematur

Menurut cerita di masyarakat secara turun termurun, wanita hamil apabila makan nanas bisa menyebabkan keguguran. Kandungan enzim protease bromelain dalam nanas mirip dengan enzim papain dalam pepaya.

Bromelian bisa melemahkan leher rahim dan dapat menyebabkan keguguran.  Terutama nanas hijau  yang masih muda dapat menginduksi aktivitas rahim dan sangat membahayakan kehamilan. Jadi, wanita hamil harus menghindari makan buah tropis ini terutama dalam semester pertama kehamilan.

Masalah kesehatan lainnya

Makan terlalu banyak nanas dapat menyebabkan diare dan mulas. Wanita hamil sering menderita mulas dan makan nanas bisa berbahaya bagi mereka.

Meskipun nanas kaya akan vitamin C dan memiliki enzim pencernaan yang diperlukan oleh tubuh selama kehamilan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah tropis ini.

Meskipun banyak wanita hamil yang tetap yang sehat dan bebas masalah setelah makan nanas, bukan berarti tubuh Anda juga dapat mengambil zat bromelian tersebut.

Jika Anda berada di usia kandungan sembilan bulan, dan mempersiapkan persalinan, Anda dapat makan nanas (meskipun harus dikonsultasikan dengan dokter) untuk menginduksi persalinan dan Anda lebih mudah melahirkan.

2 thoughts on “Apa Benar, Wanita Hamil Enggak Boleh Makan Nanas?

Leave a Reply