Aneh Mengapa Tidur di Tempat Baru Itu Sulit Sekali?

Posted on

Jika kalian menginap di rumah saudara atau teman bagimana apakah bisa tidur nyenyak atau sebaliknya? mungkin jawaban setiap orang berbeda. Tetapi saya termasuk orang yang bisa tidur pulas di rumah sendiri walaupun di tempat orang lain juga tidak kalah nyaman sekalipun menginap di hotel.

Saya pun akhirnya mencari tahu mengapa tidur di tempat baru itu sulit padahal badan sudah sangat lelah dan butuh istirahat. Tapi mata sulit terpejam ternyata berdasarkan penelitian Masako Tamaki, peneliti dari Laboratorium Pembelajaran Kognitif dan Perseptual Brown University itu merupakan fenomena First Night Effect.

First Night Effect/FNE atau efek malam pertama menurut para peneliti gangguan tidur tersebut masih normal, dan untuk lebih lengkapnya mengenai studi Masako Tamaki dapat dibaca dibawah.

Mengapa Tidur di Tempat Baru Itu Sulit?

Aneh Mengapa Tidur di Tempat Baru Itu Sulit Sekali?

Masako Tamaki dan kawan kawan menemukan bahwa pada orang yang tidur di tempat baru, aktifitas otaknya menunjukkan aktivitas kewaspadaan pada separuh bagian otak. Mereka memantau aktivitas otak dengan alat magnetoensefalografi (MEG), MRI otak, dan polygraph somnography (sebuah alat perekam analog mirip EEG).

Hasilnya terlihat gelombang otak pada bagian yang aktif menunjukkan aktivitas yang mirip dengan aktifitas ketika orang melakukan dialog internal seperti bicara dalam hati. Jadi pada saat orang tidur di tempat baru, otak kiri pada posisi mode siaga.

Singkatnya pada bagian otak orang yang diteliti karena kesulitan tidur di tempat baru tersebut walaupun tidur. Namun otak kiri tetap aktif dan masih bereaksi terhadap suara, suhu ruangan, dan menganggap seperti ancaman, sehingga timbul kecemasan yang menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Biasanya fenomena ini dialami oleh orang yang jarang bepergian atau menginap di tempat lain, karena menurut para ahli dari Brown University otak manusia itu fleksibel sehingga kalau sering tidur ditempat baru otak tidak akan terlalu siaga dan cemas lagi.

Jadi sudah jelaskan mengapa tidur di tempat baru itu sulit dan jangan menganggap ditempat baru ada gangguan mahluk halus atau hal negatif lain. Solusi ingin cepat tidur di tempat baru diantaranya mandi air hangat sebelum tidur, matikan alat eletronik seperti televisi atau handphone karena cahaya dari handphone membuat otak terus waspada dan sulit untuk memejamkan mata.

Leave a Reply