5 Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Hamil

Posted on

Untuk mengkomsumsi makanan orang yang tidak hamil berbeda dengan yang sedang hamil, tetapi karena mungkin ada yang belum tahu makanan yang harus dihindari ketika hamil tidak jarang calon bunda mengalami masalah saat persalinan.

Bahkan ada juga sayuran yang harus dihindari ibu hamil artinya sayuran baik untuk kesehatan tetapi ketika hamil bisa menimbulkan gejala yang kurang baik. Keguguran atau gangguan perkembangan janin atau setelah melahirkan bahkan kematian bisa saja terjadi akibat ibu tidak menjaga pola makan sehat.

Lalu adakah makanan yang harus di hindari selama kehamilan dibawah kami kumpulkan beberapa makanan memang perlu di hindari ibu hamil sehingga selama kandungan dan ketika lahir bayi akan tumbuh normal seperti yang para orangtua harapkan.

5 Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Hamil

1. Makanan instan

8 Makanan Penyebab Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Ibu hamil memang terkadang tidak bisa mengontrol nafsu makannya, rasa lapar meningkat cepat saat kehamilan menginjak trimester kedua. Walaupun demikian, wanita hamil hendaknya bisa mengontrol keinginannya untuk makan, apalagi jika yang ingin di makan adalah aneka makanan instan.

Produk seperti mie instan dan makanan instan lain, memberi efek buruk pada tubuh kembang janin, karena ada banyak zat berbahaya dan zat pengawet dalam makanan instan. Hendaknya ibu hamil bisa mengurungkan niatnya untuk memakan-makanan instan demi kesehatan sijabang bayi, kira-kira boleh tidak ya ibu hamil memakan mie instan?

Pertanyaan itu sering menjadi pertanyaan besar bagi semua ibu hamil, terutama jika sedang hamil anak pertama. Ada rasa khawatir dan cemas jika mengkonsumsi mie instan, namun terkadang tidak kuat menahan godaan lezatnya mie instan,. Meski tidak di sarankan, namun jika ibu hamil benar-benar sangat ingin makan mie instan hingga selalu terbayang, boleh saja mencicipinya tapi jangan terlalu banyak ya.

2. Makanan mengandung alkohol

5 Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Hamil

Foto: pelajaricaranya.blogspot.com

Benarkah kamu sudah menghindari mengkonsumsi alkohol saat hamil?, coba cek kembali makanan favorit kamu. Beberapa diantaranya mungkin ada yang mengandung kandungan alkohol tanpa kamu sadari, kamu wajib cari tahu apa saja makanan yang mengandung alkohol, sehingga mengurangi gangguan kesehatan pada janin.

Salah satunya adalah alkohol pada makanan tradisional, kandungan alkohol pada menu makanan tradisional akan meningkat seiring dengan waktu fermentasi, sehingga kandungan alkohol akan semakin membahayakan jika semakin lama di fermentasi misalnya tapai ketan.

Beberapa makanan tradisional yang mengandung alkohol adalah brem, tape singkong, tape ketan atau durian fermentasi, beberapa kue yang mengandung butter rum cake umumnya memiliki kadar alkohol 30%. Dengan mengetahui beberapa makanan yang mengandung alkohol, kamu lebih waspada dan mengurangi resiko yang dapat di timbulkan, apabila kita mengkonsumsi makanan mengandung alkohol.

3. Daging belum matang

5 Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Hamil

Salah satu jenis makanan yang harus di hindari saat ibu ngidam adalah daging dalam bentuk mentah maupun setengah matang, daging yang tidak matang sempurna masih mengandung bakteri salmonella dan parasit toxoplasma yang berbahaya bagi janin.

Menurut beberapa artikel mengatakan bahwa, salmonella berpotensi menyebabkan keguguran atau janin meninggal dalam kandungan, sementara toxoplasma berpotensi menyebabkan kelainan pada janin. Jika ingin mengkonsumsi daging, kamu harus memasaknya sampai benar-benar matang sampai tidak ada bagian daging berwarna merahmuda dan darahnya benar-benar hilang.

Memang beberapa jenis bakteri terdapat pada permukaan daging, namun tidak sedikit pula yang bermukim didalam serat-serat atau daging. Nah untuk ibu hamil yang sedang ngidam makan steak, pesanlah steak dengan tingkat kematangan sempurna ya, dan pastikan juga semua olahan daging yang kamu masak sudah benar-benar matang.

4. Telur mentah atau setengah matang

5 Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Hamil

Coba perhatikan berapa banyak ibu mengkonsumsi telur saat hamil, kamu tentu sepakat ya jika telur merupakan salah satu bahan makanan bergizi dan praktis. Tidak heran jika telur menjadi banyak di pilih oleh ibu hamil sebagai menu harian, sehingga menjadi makanan berprotein yang sering dikonsumsi.

baca juga: kenapa nanas tidak boleh dimakan ibu hamil

Kandungan protein yang terdapat di dalam telur, sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Tapi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang, telur justru dapat berefek negatif bagi ibu hamil khususnya bagi janin, sehingga telur harus dikonsumsi dalam kondisi benar-benar matang.

Telur kemungkinan mengandung bakteri salmonella yang menjadi pemicu mual, muntah, diare, demam dan kram perut pada ibu hamil. Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang juga dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

5. Makanan laut

5 Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Hamil

Memang tidak semua makanan laut aman dikonsumsi selama kehamilan, paparan merkuri dan zat berbahaya lainnya yang saat ini mengancam kehidupan biota laut, membuat kamu perlu hati-hati dalam memilih jenis seafood yang dikonsumsi.

Apabila kadar merkuri ini tidak senghaja dikonsumsi ibu hamil, tentu dapat mengganggu pertumbuhan janin terutama perkembangan otak. Selain merusak otak, merkuri bisa menyerang ginjal dan perkembangan sistem saraf pusat janin, namun disisi lain ikan dan beberapa jenis seafood mengandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil dan bayi di dalam rahim, karena itulah ibu hamil perlu membatasi asupan seafood dalam seminggu.

Salah satunya adalah kerang, kerang tidak memiliki filter atau penyaring racun didalam tubuhnya. Jadi jenis makanan laut ini sangat rentan tercemar zat berbahaya seperti merkuri, kamu sangat di sarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi kerang.

Sama halnya dengan kerang, udang, kepiting, rajungan dan cumi juga harus di olah dengan benar sebelum dikonsumsi ibu hamil. Pastikan makanan ini sudah di bersihkan terlebih dahulu, dan di masak dengan matang untuk menghindari masalah pencernaan atau komplikasi lain bagi bayi selama kehamilan.

Apapun jenis makanan laut yang dikonsumsi hindari olahan mentah, pilihlah jenis ikan atau jenis makanan laut yang berkualitas, dan cucilah terlebih dahulu sampai bersih dan masak hingga matang dengan suhu 63 derajat celcius. Itulah 5 makanan yang harus dihindari ketika sedang hamil.

Leave a Reply