5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Posted on

Indonesia banyak beragam budaya sangat menarik yang mampu memikat parawisatawan asing, oleh karena itu pula para turis dari berbagai negara, terus berlibur ke indonesia. Bukan hanya untuk menikmati keindahan alam tropisnya saja, tetapi juga demi menyaksikan budaya indonesia yang unik dan menarik.

Berkunjung ke suatu daerah, akan semakin menyenangkan jika bertepatan dengan festival seni dan budaya yang tengah di adakan,  selain dapat menikmati pemandangan setempat, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan yang di hadirkan.

Keberadaan festival juga akan membuat wisatawan semakin mudah mengetahui kearipan lokal melalui pertunjukan yang di tampilkan, berikut rangkuman macam macam festival di indonesia yang berhasil menarik banyak turis:

5 Contoh Festival Budaya Di Indonesia

1. Festival Erau Di Kalimantan Timur

5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Foto: getborneo.com

Berbicara tentang Kutai Kartanegara, tidak akan lengkap tanpa menyebut pesta rakyat taunan yang berlangsung didalamnya Erau. Festival Erau adalah sebuah acara adat yang menyerupai pesta rakyat di Tenggarong, festival Erau sendiri biasanya di lakukan selama 2 pekan, tema festival setiap tahunnya berubah-ubah.

Selain menampilkan budaya-budaya yang di miliki Kutai, ada pula pertunjukan adat dan budaya dari daerah, bahkan negara lain. Sehingga festival Erau tidak hanya menjadi daya tarik bagi warga Kalimantan, namun juga menjadi pusat perhatian warga dunia.

Acara puncak dari Festival Erau adalah Berlimbur, yaitu saling membasahi warga yang ada di Kota Tenggarong. Prosesi pertama dari Berlimbur adalah menurunkan ‘Naga’ atau Ngulur Naga ke sungai Mahakam, setelah itu setiap warga saling membasahi warga lainnya. Berlimbur hakikatnya adalah membersihkan diri dari pengaruh jahat, sehingga kembali suci dan menambah semangat dalam membangun daerah.

2. Festival Danau Sentani

5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Foto: id.wikipedia.org

Papua sering kali di sebut sebagai surga indonesia yang terletak di ujung timur, tapi jangan salah Papua tidak hanya sebatas Raja Ampat saja, tetapi ada beberapa festival budaya yang perlu kamu tahu salah satunya adalah Festival Danau Sentani.

Festival Danau Sentani, merupakan salah satu contoh festival budaya yang di adakan setiap tahunnya, yang berlokasi di sekitar Danau Sentani. Danau Sentani terletak di kabupaten Jayapura Papua, danau ini berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Festival Danau Sentani ini banyak di ikuti oleh wisatawan asing, seperti warga Belanda maupun wisatawan lokal.

Festival ini di ikuti pula oleh beberapa suku yang berada di Papua, sehingga saat kamu datang ke festival ini kamu akan merasakan kehangatan penduduk asli Papua.

3. Festival Pasola Di Sumba

5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Foto: voanews.com

Pernah melihat festival unik di Pulau Sumba NTT, Pesola inilah prosesi perang tradisional yang di wariskan secara turun temurun selama berpuluh tahun. Perang ini di lakukan dua kalangan suku, masing-masing prajurit membawa lembing atau tombak kayu, dalam prosesi itu pasukan akan saling melempar lembing.

Para prajurit yang terjun dalam medan perang tidak cuma berbekal lembing, tapi juga kuda. Kuda yang di pakai sebagai kendaraan perang adalah kuda Sumba atau kuda pacu. Perang Pasola hanya sebuah permainan, menurut tradisi setempat konsep ritual ini merupakan bagian dari upacara penganut kepercayaan Marapu atau agama lokal yang berkembang di Sumba.

Pasola di rayakan untuk menyambut masa panen sekaligus untuk memulai masa tanam, sebelum Pasola di laksanakan, pagi harinya akan di lakukan tradisi nyale yaitu mencari cacing laut. Nyale merupakan upacara memohon restu kepada para dewa serta nenek moyang, agar kegiatan bertani dan bercocok tanam selama setahun menghasilkan panen yang optimal.

4. Festival Tabuik Di Sumatera Barat

5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Foto: taufiqurokhman.com

Festival Tabuik, menyedot perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung ke kota Pariaman Sumatera Barat. Banyak orang yang tidak mengenal apa sebenarnya makna dari menara Tabuik yang di bawa oleh masyarakat ke tengah laut, masyarakat percaya bahwa mengambil beberapa bagian dari Tabuik, akan membawa keberuntungan bagi mereka.

Pada dasarnya segala prosesi ritual dalam Festival Tabuik, merupakan reka ulang peristiwa perang Karbala menurut masyarakat Pariaman. Pada tahun 1910, muncul kesepakatan antar nagari untuk menyesuaikan perayaan Tabuik dengan adat istiadat Minangkabau, sehingga berkembang menjadi seperti yang ada saat ini.

Setiap tahunnya, puncak acara Tabuik selalu di saksikan ratusan ribu pengunjung yang datang dari berbagai pelosok Sumatera Barat. Pantai Gandoriah yang menjadi titik pusat perhatian seakan menjadi lautan manusia, khususnya menjelang prosesi Tabuik diarak menuju pantai, festival ini merupakan event wisata terbesar yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

5. Festival Budaya Dieng Di Jawa Tengah

5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Berhasil Menarik Banyak Turis

Foto: infodiengculturefestival.wordpress.com

Bukan hanya pemandangannya saja yang memikat, dataran tinggi Dieng punya sederet pertunjukan budaya dan hiburan yang selalu di buru wisatawan setiap tahunnya. Pada festival Dieng, pengunjung akan menyaksikan ritual pemotongan rambut gimbal, di Dieng lahirnya anak berambut gimbal menjadi salah satu fenomena unik yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Pemotongan rambut di laksanakan atas permintaan anak, dan harus memenuhi permintaan anak yang akan di buat. Rambut yang di cukur, akan di bawa ke danau dan terendam di sini sebagai simbol mengembalikan rambut kembali ke nenek moyang kita.

Selain itu, ada pula festival penerbangan lampion di malam hari, siapkan kamera kamu untuk memotret pemandangan langit malam Dieng, berhias warna-warni lampion cantik. Jangan lewatkan pula penampilan musik jazz dari musisi lokal dan nasional, serta berbagai pertunjukan kegiatan seni tradisional yang di sajikan masyarakat setempat. Itulah rangkuman 5 festival budaya di Indonesia yang berhasil menarik banyak turis.

 

Leave a Reply