5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

Posted on

Selain memakan padi di sawah milik petani tikus juga tidak segan masuk rumah tentu saja untuk mencari makan, jika tikus tidak menemukan makanan hewan tersebut akan menggigit apapun termasuk kabel, kardus dll. Kemudian apabila sudah nyaman hewan pengerat itu akan bersarang dan meninggalkan kotoran dengan bau menyengat yang tentu dapat mengganggu kesehatan manusia.

Cara mengusir tikus dari rumah bisa dilakukan dengan memasang lem tikus, racun tikus atau bisa juga dengan membeli alat yang mengeluarkan suara tidak disukai tikus. Tetapi jika itu semua tidak ada ternyata ada 5 cara tradisional mengusir tikus yang tentu saja aman digunakan.

Karena jika dibiarkan tikus akan berkembang dan makin sulit dibasmi seperti kita ketahui masa kehamilan tikus selama 21 hari dan biasanya melahirkan 4 sd 12 ekor. Dan hebatnya selang 2 hari tikus bisa melakukan perkawinan silahkan bayangkan bagaimana populasinya. Untuk yang belum mengetahui cara mengusir tikus yang membandel silahkan baca artikel ini sampai selesai.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Yang Merajalela

1. Jengkol

Ada dua cara membuat ramuan pengusir tikus dari jengkol yang pertama dengan menggunakan kulit jengkol. Caranya yaitu pisahkan terlebih dahulu kulit jengkol kemudian di blender setelah itu masukan ke alat semprot lalu semprotkan dimana tikus biasanya keluar atau langsung ke sarangnya.

Cara yang kedua dengan buah jengkol, cara menggunakanya silahkan ambil jengkol 1/2 kg kemudian rendam dengan air kurang lebih 5 liter selama 2 hari. Lalu pisahkan air rendaman tersebut untuk disiram atau disemprot pada lubang dimana tikus keluar.

Asam jengkolat yang terdapat pada jengkol/kulitnya bisa mengikat sulfur atau belerang sehingga jika dihirup tikus akan menjadi racun zat ureum yang mengakibatkan kematian.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

2. Bawang Putih

Selain untuk bumbu dapur bawang putih juga bisa berguna usir tikus caranya cukup dengan meletakkan langsung bawang putih yang sudah digeprek dimana tikus sering terlihat.

Tetapi jika ingin lebih efektif supaya bawang putih mengeluarkan wangi yang tidak disukai tikus yaitu denga memotong bawang putih menjadi beberapa irisan tipis. Selanjutnya bungkus bawah putih yang sudah di iris dengan kain kasa, dan letakkan di sarang atau tempat lalu lalang tikus.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

baca juga: khasiat nanas

3. Kopi

Salah satu kelebihan tikus adalah aroma penciumannya yang tajam, namun ini juga merupakan titik lemah yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Kopi halus merupakan salah satu bau yang dibenci tikus sehingga taburkan kopi dengan aroma menyengat dan awurkan ditempat tikus lewat.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

4. Lada Hitam

Jangankan tikus manusia juga tidak akan kuat jika menghirup lada hitam pasti hidung akan terasa panas, dengan menaburkan lada hitam ditempat yang diduga sarang tikus dijamin tikus akan kabur.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

5. Daun Sirsak

Bagi manusia khasiat daun sirsak baik untuk mengobati kanker, obat asam urat alami, diabetes serta dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Tetapi dengan cara menumbuk daun sirsak sampai halus dapat menangkal tikus betah dirumah Anda.

5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

Selain cara diatas ada juga yang menggunakan cuka sebagai media pengusir tikus, atau kulit telur yang sudah dihaluskan. Dan yang termudah dengan menggantungkan kantung teh pada sarang tikus, namun dari untuk mencegah tikus datang sebaiknya jaga kebersihan rumah paling utama.

Itulah 5 cara tradisional mengusir tikus, masalahnya jika menggunakan racun tikus kimia dikwatirkan tikua akan mati di plafon rumah dan meninggalkan bau tidak sedap. Tetapi jika menggunakan cara diatas tikus akan pergi dan tidak akan kembali asa rutin dilakukan.

2 thoughts on “5 Cara Tradisional Mengusir Tikus Diantaranya Dengan Jengkol

Leave a Reply